Kapolda Kalsel Rutin Setiap Hari Lahap Jalur Sejauh 25 Kilometer

Bagi Erwin, gowes tak sekadar menjaga kebugaran tubuh, baginya berolahraga menjadi ajang silaturahmi dan wisata.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Usai menunaikan salat subuh, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs Erwin Triwanto SH tidakm memilih untuk bersantai di rumah. Sebaliknya malah keluar rumah mengayuh sepeda gunungnya berkeliling kota.

Udara yang masih dingin dan suasana hari masih gelap karena matahari belum sepenuhnya menampakan diri tidak menyurutkan tekadnya menyalurkan hobinya bersepeda.

Sesibuk apa pun pekerjaan, yang namanya bersepeda tidak pernah terlewatkan pria yang menjabat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalsel. Gowes pagi dilakukan sebelum dia ikut apel di Mapolda.
"Kalau gowes rutin setiap pagi, sudah kebiasaan," ujar Erwin.

Erwin tidak sendiri, di kediaman rumah dinas biasanya sudah berkumpul para pecinta sepeda Banua terutama dari Kalsel Cycling Community (KCC).

Setelah Erwin siap mereka lalu secara bersama-sama jalan keliling kota. Rute yang paling sering disasar adalah Jalan Ahmad Yani.

"Biasanya sehari harus melahap 25 kilometer.jadi start dari rumah keJalan A Yani di KM 17 atau tugu balik lagi ke kediaman," kata pria kelahiran 14 Pebruari 1960 ini.

Bagi Erwin, gowes tak sekadar menjaga kebugaran tubuh, baginya berolahraga menjadi ajang silaturahmi dan wisata.
Lalu sejak kapan suka gowes, Erwin menerangkan pada 2011 saat masih menjabat sebagai Kapolrestabes Makassar Polda Sulawesi Selatan keranjingan bersepeda.

Jarak tempuh yang jauh sekitar 14 kilometer antara rumah dinas dan Mapoltabes Makassar ditambah jalan yang berkelok dan naik turun membuat dia memilih ke kantor untuk bersepeda.

"Jalannya kan menanjak jadi saya pikir enaknya naik sepeda saja nih ke kantor," ucap Erwin yang memulai karier dikepolisian bertugas di Kasat Ops Res Tabalong Polda Kalselteng pada 1986 ini.

Erwin pun lalu memilih setiap hari bersepeda. Hanya dengan waktu tempuh sekitar setengah jam dia sudah bisa mencapai Mapoltabes Makassar.

"Waktu pertama-tama memang agak lama sekitar satu jam baru sampai tapi saya merasa nyaman dan ada perubahan signifikan sehingga jadi rutinitas," lanjut dia.

Setiap pagi Erwin punberangkat ke kantor bersepeda.sampai dikantor mandi dan beraktifitas lalu pulangnya baru naik mobil.

Kebiasaan itu berlanjut saat Erwin menjabat sebagai sebagai Kapolda DIY Yogjakarta. Namun hobinya ikut disalurkan bersama para komunitas kota Gudeg.

"Biasanya minggu saya bersepeda bersama komunitas tapi setiap hari tetap bersepeda ke kantor," katanya. (*)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved