Berita Banjarmasin

Ingat Ya! Kini Tak Boleh Lagi Belok Kanan dari Jalan A Yani ke Jalan Pangeran Antasari

Dua titik persimpangan di Jalan A Yani, simpang tiga Antasari dan simpang tiga Kolonel Sugiono bakal terjadi perubahan arus.

Ingat Ya! Kini Tak Boleh Lagi Belok Kanan dari Jalan A Yani ke Jalan Pangeran Antasari
Banjarmasin Post Group/Rahmadani
Lampu lalu lintas di pertigaan Jalan A Yani-Pangeran Antasari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mengurangi kepadatan lalulintas di Jalan A Yani, Satlantas Polresta Banjarmasin akan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik.

Dua titik persimpangan di Jalan A Yani, simpang tiga Jalan Pangeran Antasari dan simpang tiga Jalan Kolonel Sugiono bakal terjadi perubahan arus.

Kasatlantas Polresta Banjarmasin, Kompol Tuschad Herdani, menjelaskan kendaraan dari arah dalam kota kini tidak bisa lagi langsung belok menuju Jalan Pangeran Antasari.

"Traffic light di Jalan A Yani arah luar kota akan dinonaktifkan. Jadi pengendara dari dalam kota menuju Jalan Pangeran Antasari harus memutar di u turn depan Suzuki," ujanrya.

Sedangkan arus lalulintas dari luar kota ke arah dalam kota maupun yang menuju Jalan Pangeran Antasari akan tetap normal. Begitu pula dari Pangeran Antasari ke arah luar kota.

"Karena kepadatan arus lalulintas di persimpangan itu sangat padat, terutama di jam puncak, pagi siang dan sore maka perlu dilakukan upaya rekayasa lalulintas di kawasan itu. Dari kajian bersama Forum Lalulintas Kota Banjarmasin, di dekat persimpangan itu rasio volume per kapasitas (V/C) kendaraan mencapai angka tertinggi 0,8 mendekati angka 1 yang artinya sudah mendekati ambang batas kepadatan lalu lintas," ujarnya.

Sementara di persimpangan Jalan A Yani-Jalan Kolonel Sugiono, hal serupa diberlakukan.

Pengendara dari Jalan Kolonel Sugiono kini tidak bisa langsung belok menuju arah luar kota.

"Nantinya harus belok di u-turn di Jalan A Yani," ujarnya.

Traffic light arah dalam kota pun akan dinonaktifkan, sehingga pengendara dari arah luar kota menuju arah dalam kota bisa langsung jalan terus.

"Traffic light akan dinonaktifkan khusus bagi pengendara dari arah luar kota menuju dalam kota. Jadi tidak ada lagi menunggu lampu merah," ujarnya.

Rekayasa lalulintas ini sendiri masih dalam tahap sosialisasi sejak Minggu (2/10/2016) dan akan segera diberlakukan setelah masa sosialisasi usai. (*)

Penulis: Rahmadhani
Editor: Yamani Ramlan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved