NEWSVIDEO

Ini Dia Limau Madang, Warna Buahnya Jingga dan Rasanya Sangat Manis

Sungai Gampa, mungkin nama ini masih terdengar asing di telinga kita bahkan oleh warga Banjarmasin sekalipun.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Siapa sangka Jeruk (limau) Madang yang buahnya terkenal manis dan segar, bibitnya berasal dari sebuah kawasan pinggiran Kota Banjarmasin.

Sungai Gampa, mungkin nama ini masih terdengar asing di telinga kita bahkan oleh warga Banjarmasin sekalipun.

Wilayah yang hampir sebagian besar berupa rawa ini berada di Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Letaknya berada di kawasan pinggiran Kota Banjarmasin, yang berbatas langsung dengan wilayah Barito Kuala.

Akses paling mudah adalah lewat Jalur Sungai Martapura yang bisa ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota.

Bila lewat darat, paling dekat hanyalah melalui Jalan Banua Anyar. Dari sana, jalan setapak sepanjang dua kilometer menyusuri tepian Sungai Martapura, yang hanya bisa dilalui sepeda motor harus ditempuh untuk bisa sampai ke Sungai Gampa.

Dari sanalah Jeruk Madang berasal. Sudah sejak lama warga Sungai Gampa mengembangkan perkebunan buah, khususnya Jeruk Madang.

Ada sekitar 10 hektar lahan di Sungai Gampa yang dijadikan area perkebunan Jeruk Madang dengan 3000 Batang pohon jeruk yang dikelola para petani lokal.

"Dari bahari, dari nenek moyang sudah betanam jeruk. Limau (jeruk) Madang di kawasan Lok Baintan Kabupaten Banjar, bibitnya gin dari sini. Hampir semua warga di sini bertani kerjaannya," kata Mulyadi, petani jeruk yang juga Ketua RT 22 Sungai Gampa ini.

Tak cuma itu, bahkan kata Mulyadi, bibit Jeruk Madang sudah 'diimpor' ke Samarinda, Kalimantan Timur sebagai bukti keunggulan jeruk asli Sungai Gampa ini.

"Harga bibit mulai dari Rp 5000 sampai Rp 10 ribu rupiah. Alhamdulillah banyak yang mencari sampai ke sini, meski harus pakai 'perjuangan' kalau mau ke Sungai Gampa," kata dia.

Sementara harga Jeruk Madang sendiri terbilang wow. Bila membeli langsung dari petani di Sungai Gampa, harganya bisa mencapai Rp 1500 per biji.(Banjarmasin Post/Rahmadhani)

Penulis: Rahmadhani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved