Berita Hulu Sungai Utara

Petani Se-Kabupaten Hulu Sungai Utara Diberi 51 Alat Memanen Padi

Dalam kegiatan panen padi di Desa Panyiuran,,Kecamatan Amuntai Selatan, sekaligus menyerahkan alat panen padi atau combine harvester.

Petani Se-Kabupaten Hulu Sungai Utara Diberi 51 Alat Memanen Padi
banjarmasinpost.co.id/reni
Bupati Hulu Sungai Utara, Abdul Wahid, mencoba mesin perontok padi.

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Dalam kegiatan panen padi di Desa Panyiuran,,Kecamatan Amuntai Selatan, sekaligus menyerahkan alat panen padi atau combine harvester.

Bantuan dari kementrian pertanian ini merupakan realisasi dri kedatangan Menteri pertanian Amran Sulaiman pada tahun lalu. Permohonan yang diajukan adlah 20 unit alat panen, namun direalisasi sebanyak 51 unit.

"Dari 51 unit alat panen padi, 45 merupakan alat panen padi kecil dan 6 unit alat panen sedang. Jumlah ini disesuaikan dengan lahan pertanian di HSU yang lebih mudah menggunakan alat berukuran kecil," ujar Kepala Dinas Pertanian, Ilman Hadi, Selas (4/10/2016).

Penyerahan diberikan secara bertahap, kali ini diberikan kepada 25 kelompok tani (Poktan) dari kecamatan Amuntai Selatan sebanyak 5 Poktan, Kecamatan Sungai Tabukan 6 Poktan, Kecamatan Sungai Pandan 12 Poktan dan Kecamatan Danau Panggang 2 Poktan.

Ilman Hadi mengatangan dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat mengurangi kehilangan hasil panen, karena dengan alat ini seluruh gabah bisa tertampung secara otomatis dalam karung yang juga sudah tersedia dalam alat.

Untuk Tahun 2016 Dinas Pertanian menargetkan 28.000 hektar tanam, dan terlaksana sekitar 25.000 hektar. Jumlahnya memang sedikit menurun dari tahun lalu.

"Hal ini disebabkan musim kemarau pada tahun lalu lebih panjang, karena lahan lebak hanya bisa ditanami pada musim kemarau," ujarnya. (*)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved