Sarana Rehabilitasi BNN Kalteng Jauh dari Memadai

BNN Provinsi Kalimantan Tengah belum mampu mencapai target melakukan rehabilitasi para pecandu narkotika

Sarana Rehabilitasi BNN Kalteng Jauh dari Memadai

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Tengah belum mampu mencapai target melakukan rehabilitasi para pecandu narkotika di Bumi Tambun Bungai yang ditargetkan sekitar 400 orang dalam sertahunnya.

Ini mengingat jumlah warga Kalimantan Tengah yang menjadi pengguna narkoba hingga saat ini diperkirakan mencapai 35 ribu orang. Dan puluhan ribu pengguna itu perlu dilakukan rehabilitasi agar bisa menghilangkan kebiasaan buruk dalam menggunakan narkoba tersebut.

Hanya, target tersebut belum bisa direalisasikan karena masih banyak kekurangan sarana dan prasarana pendukung.

Di Kantor BNN Kalimantan Tengah, Senin (10/10) pada ruang tahanan BNN masih banyak terdapat tahanan kasus narkoba khususnya para pengedar narkoba. Berdasarkan data di BNN Kalimantan Tengah, hingga saat ini pihaknya hanya bisa melakukan rehabilitasi dengan bekerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan, Lido dan Hidayatul di Bogor, Jawa Barat.

Sedangkan untuk rawat jalan melalui klinik sendiri sebanyak yang memiliki jumlah penggunanya 174 orang.

Kepala BNN Kalimantan Tengah, Kombes Sumirat Dwiyanto mengakui, pihaknya belum optimal dalam upaya melakukan rehabilitasi pengguna narkoba tersebut, karena banyaknya keterbatasan yang dimiliki seperti, belum adanya pusat rehabilitasi representatif sendiri, keterbatasan personil, keterbatasan sarana dan prasarana yang ada.

Bahkan, tempat rehabilitasi pengguna narkoba ini, masih jauh dari representatif hingga perlu banyak pembenahan.

"Ini yang saya bicarakan dengan Bapak Gubernur Kalimantan Tengah agar bisa dicarikan solusinya. Dengan begitu, BNN Kalteng bisa bekerja secara optimal dalam melakukan upaya rehabilitasi pengguna narkoba tersebut. Salah satunya adalah penambahan anggaran maupun penyediaan sarana dan prasarana termasuk personil,” ujarnya.

Baca Selengkapnya di Banjarmasin Post edisi Selasa, 11 Oktober 2016

Penulis: Fathurahman
Editor: Kamardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help