Ekonomi dan Bisnis

Stok Banyak dan Pasokan Lancar, Kok Harga Kedelai Naik?

Harga jual kedelai di tingkat distributor (harga toko) di Pasar Harum Manis saat ini Rp 7.050 per kilo. Harga jual di pedagang eceran tentunya lebih

Stok Banyak dan Pasokan Lancar, Kok Harga Kedelai Naik?
Istimewa
Imran Abdullah salah satu distributor kedelai di Pasar Harum Manis Banjarmasin dengan latar stok kedelai yang cukup banyak. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - KENAIKAN harga jual kedelai di Banjarmasin tidak sedrastis di Pulau Jawa, karena para pedagang hanya mengambil untung Rp 50 sampai Rp 100 per kilonya, jelas Irman Abdullah, salah satu distributor kedelai di Pasar Harum Manis Banjarmasin, Senin (10/10/2016).

Harga kedelai dari tangan importir ke distributor itu sama, baik yang di Jawa maupun Kalimantan.

Hanya, pedagang di Jawa ambil untung terlalu besar, sementara distributor di Kalsel ambil untung hanya Rp 50- Rp 100/kilonya.

Harga jual kedelai di tingkat distributor (harga toko) di Pasar Harum Manis saat ini Rp 7.050 per kilo. Harga jual di pedagang eceran tentunya lebih tinggi karena pedagang eceran ingin ambil untung juga.

Imran menyebutkan, dalam sebulan rata-rata memasok 350 ton-400 ton kedelai di wilayah Kalsel dan Kalteng. Salah satu perajin tahu yang jadi langganannya adalah Toko Aneka Tahu Maju lestari di Landasan Ulin.

"Saat ini stok kedelai cukup banyak di gudang, pasokan juga lancar sehingga para perajin tahu tempe tak perlu khawatir akan kekurangan kedelai," tandas Imran. (*)

Penulis: Sudarti
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help