Health Info

Ini Dia 4 Jenis Kanker Paling Menyakitkan

Kanker sering menimbulkan penderitaan dan rasa sakit bagi penderitanya. Gejala sakitnya akan bervariasi tergantung pada faktor-faktor

Ini Dia 4 Jenis Kanker Paling Menyakitkan
banjarmasinpost.co.id/kompas.com/SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Dalam dunia kedokteran, ada lebih dari 100 jenis kanker yang berbeda, tergantung di mana sel kanker tumbuh di dalam tubuh.

Kanker sering menimbulkan penderitaan dan rasa sakit bagi penderitanya. Gejala sakitnya akan bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi kanker, penyebab tepatnya dan kadang jenis pengobatan juga bisa menimbulkan efek samping yang menyakitkan.

Untuk lebih memahami rasa sakit yang ditimbulkan karena kanker, mari kita lihat sekilas empat jenis kanker yang paling berpotensi menyakitkan.

KANKER PERUT

Saat ini, kanker perut masuk menjadi salah satu dari lima jenis kanker yang paling banyak terdeteksi di seluruh dunia, dengan hampir satu juta kasus baru didiagnosa setiap tahunnya. Kanker perut sering menjadi sangat menyakitkan, karena sifatnya tersembunyi.

Kebanyakan orang dengan kanker perut baru sadar setelah kanker telah menyebar melewati tempat asalnya.

Gejala awal yang timbul biasanya adalah sakit perut, penurunan berat badan, dan mulas. Rasa sakit bervariasi pada tiap orang tergantung di mana sel kanker menyebar.

Seringkali, kanker menyebar ke usus, menyebabkan gangguan pencernaan yang sangat menyiksa dan mungkin memerlukan pembedahan untuk meringankannya.

KANKER PANKREAS

Meskipun secara teoritis kanker pankreas bisa menyebar ke mana saja, namun yang paling sering adalah menyebar ke kelenjar getah bening dan tulang.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved