Setiap Tanggal 10 Muharam, Warga Jalan Mahakam Kapuas Membuat Bubur Asyura

Seperti yang terpantau, untuk pembuatan bubur asyura adalah masyarakat sekitar dengan mengambil tempat di samping Posko BPK Mahakam 01.

Setiap Tanggal 10 Muharam, Warga Jalan Mahakam Kapuas Membuat Bubur Asyura
banjarmasinpost.co.id/jumadi
Tradisi membuat bubur asyura di Kualakapuas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Ummat Islam yang tinggal di manapun berada tak lupa membuat bubur asyura 41 macam campuran setiap tahun, tepatnya pada tanggal 10 Muharram. Seperti yang dilakukan warga Jalan Mahakam RT 20/02, samping Gang Astambul, Kecamatan Selat Kota Kualakapuas, Selasa (11/10/2016) siang.

Bersamaan dengan itu di Jalan Mahakam ada komunitas bernama Persatuan Masyarakat Banjar atau Perkeban. Perkeban yang tinggal di tempat itu hampir setengah abad. Seperti yang terpantau, untuk pembuatan bubur asyura adalah masyarakat sekitar dengan mengambil tempat di samping Posko BPK Mahakam 01.

Menurut salah satu panitia, tahun ini mereka membuat bubur dengan jumlah 7,5 blek beras. Untuk sayur-mayur, daging sapi maupun daging ayam disumbang oleh masyarakat sekitar. Pengerjaan mengaduk bubur hingga masak dimulai Senin (10/10/2016) tengah malam.

Keesokan harinya, Selasa (11/10/2016) dilakukan pencampuran bumbu dan daging. Untuk pembuatan bumbu-bumbu maupun pemotongan daging dikerjakan ibu-ibu di rumah. Hari ini pukul 14.00 Wib, bubur tersebut langsung diserbu masyarakat. Mereka datang dengan masing-masing membawa rantang. (*)

Penulis: Jumadi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help