Serambi Ummah

Chairani Idris Pelopor Pemberantasan Buta Huruf Alquran Lewat TPA

Chairani Idris yang lahir di Kalua, Tabalong, pada 17 Agustus 1951adalah orang yang menggagas lahirnya Taman Kanak-kanak Alquran (TKA) y

Chairani Idris Pelopor Pemberantasan Buta Huruf Alquran Lewat TPA
banjarmasinpost.co.id/khairil rahim
Chairani Idris 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ustadz H Chairani Idris yang lahir di Kalua, Tabalong, pada 17 Agustus 1951adalah orang yang menggagas lahirnya Taman Kanak-kanak Alquran (TKA) yang kini bertebaran di seluruh Nusantara.

Chairani Idris adalah seorang guru agama sejak 1993 yang kini beralih profesi jadi seorang wirausahawan layanan umrah dan haji plus dengan menjadi direktur cabang PT Nur Ramadhan Wisata Banjarmasin.

Sebelumnya ustad sempat mengenyam pendidikan kuliah di IAIN Antasari Banjarmasin jurusan Syariah. Di masa mahasiswa dia menjadi aktivis organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII) sebagai Ketua Umum.

"Saya juga pernah menjadi pengurus Wilayah Kalsel PII periode 1976-1979. Kemudian 1980-1990 menjadi ketua umum BKPMI (Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia) Kalsel.

Ustadz mampu mencetuskan ide dan mewujudkan serta menjadi menggerakan TK Alquran. Ide ini disambut baik masyarakat.

Bersama teman-temannya ia menyelenggarakan pendidikan pembelajaran membaca Alquran.

Berkat usahanya ustad mampu mencetak rekor ribuan juara membaca Alquran untuk tingkat usia dini.

Sehingga dia menjadi salah satu pendiri gerakan pemberantasan buta huruf alquran melalui Taman Pendidikan Kanak-kanak (TKA) dan Taman Pendidikan Alquran (TPA) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).

Sejak 1989 itu pulalah, TPA menjadi percontohan di Indonesia dan telah tersebar ke seluruh nusantara bahkan mancanegara yang berlangsung hingga sekarang.

"Bahkan saya juga pernah menjabat Direktur wilayah LPPTKA BKPMI Kalsel. Lalu pada 1993-1997 didaulat Direktur nasional LPPTKA BKPMI. Yang pada 1994 berubah menjadi BKPMRI," lanjut dia.

Setelah menggeluti TKA Alquran, ustad Menebitkan buku berjudul Seperempat Abad Gerakan TK Alquran (2014) karena pas bertepatan dengan 25 tahun TK Aquran yang diterbitkan PT Gramedia.

Sejak 2008 hingga sekarang, ustad banyak memfokuskan waktunya untuk melayani masyarakat Haji dan Umroh melalui PT Nur Ramadhan Wisata. (*)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved