Bulu Awak Guru Ilmi Sampai Berdiri saat Mandikan Benda Pusaka di Bulan Muharam

Mereka tidak datang dengan tangan kosong. Mereka datang membawa belasan bahkan puluhan benda pusaka seperti keris, parang, mandau, tombak.

Bulu Awak Guru Ilmi Sampai Berdiri saat Mandikan Benda Pusaka di Bulan Muharam
Banjarmasinpost.co.id
Cover BPost 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Belasan anggota Komunitas Pencinta benda pusaka di Banua hadir dalam gelaran selamatan dan silaturahmi Komunitas Pencinta Benda Pusaka Banjar yang berlangsung di Kompleks Indrasari Permai I, Martapura Kota.

Mereka tidak datang dengan tangan kosong. Mereka datang membawa belasan bahkan puluhan benda pusaka seperti keris, parang, mandau, tombak.

Beberapa pusaka dikeluarkan dari sarungnya dan disusun berjejer di dalam ruang pertemuan. Benda pusaka itu bukanlah benda pusaka biasa. Semuanya, benda-benda pusaka yang telah berusia ratusan tahun.

Jasrin, di antaranya yang memiliki ratusan koleksi beragam benda pusaka. Dalam acara selamatan kemarin, Jasrin membawa puluhan benda pusaka jenis keris dan parang.

“Kalau dihitung mungkin 30 keris dan parang ada di dalam tas itu. Di rumah masih banyak lagi,” tutur lelaki itu, akhir pekan tadi.

H Aidil Basith di Komplek Indrasari Permai I Martapura.
Ratusan benda pusaka terlihat saat gelaran selamatan dan silaturahmi pencinta benda pusaka yang berlangsung di rumah H Aidil Basith di Komplek Indrasari Permai I Martapura.

Menurut dia, setiap tahun di bulan Muharram, benda pusaka miliknya dibersihkan dan dimandikan.Tujuannya, untuk membersihkan karat di besi benda pusaka itu. “Bila tidak dibersihkan, besi akan musnah,” ucapnya.

Salamatan benda pusaka yang berlangsung di kediaman B Aidil Basith, Ketua Komunitas Pencinta Benda Pusaka Banjar, dipimpin langsung oleh Guru Ilmi. Proses selamatan cukup sederhana dan singkat. Acara diawali proses pembacaan doa oleh Guru Ilmi dan dilanjutkan tepung tawar.

“Rasa berdiri bulu di awak. Banyak yang hadir nih,” ujar Guru Ilmu sesaat usai berdoa dan memapai air tepung tawar. (wid)

Baca Lengkap di Banjarmasin Post Edisi Cetak, atau di Epaper BPost, Senin (17/10/2016)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help