Enjoy Banjarmasin

Mau Jadi Pemandu Wisata? Ini Syaratnya

Siapa pun orangnya bisa menjadi pemandu wisata, yang penting mengantongi sertifikat yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata

Mau Jadi Pemandu Wisata? Ini Syaratnya
banjarmasinpost.co.id/rifki
(Ilustrasi) Seoranh pemandu wisata di Museum Wasaka Banjarmasin memberi penjelasan kepada pengunjung. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Suka travelling dan ingin dapat penghasilan dari usaha sampingan itu, tak ada salahnya menjadi pemandu wisata (tour guide).

Menjadi pemandu wisata bukanlah orang sembarangan, perlu dibekali ilmu pengetahuan dan memiliki wawasan yang luas, kata Sekretaris ASITA Kalsel Siti Aisyah, Jumat (21/10/2016).

Siapa pun orangnya bisa menjadi pemandu wisata, yang penting mengantongi sertifikat yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata.

Pada saat-saat tertentu Dinas Pariwisata kota maupun provinsi menggelar diklat bagi pemandu wisata. Setelah pelatihan mereka akan mendapatkan sertifikat.

Di Kalsel sudah ada wadahnya, yaitu Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) yang diketuai oleh Syamsuddin.

Kalau travel agent membawa rombongan wisatawan ke daerah ini, anggota HPI itulah yang memandunya.

Pemandu wisata perlu dibekali ilmu dan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, karena mereka sebagai informan para wisatawan yang dipadunya. Untuk itu perlu mengantongi sertifikat.

"Yang mengantongi sertifikat tak hanya pemandu wisata, travel agent juga harus mengantongi sertifikat terkait dengan pelayanannya," kata Siti Aisyah. (*)

Penulis: Sudarti
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved