Health Info

Pneumonia Jadi Penyebab Kematian Nomor 2 bagi Balita yang Diare

Angka ini didominasi oleh penyakit diare dan pneumonia. Namun angka tersebut juga mencerminkan keadaan kesehatan dunia pada umumnya.

Pneumonia Jadi Penyebab Kematian Nomor 2 bagi Balita yang Diare
healtharticlesforkids.org
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Fakta mencengangkan dari Dinas Kesehatan cukup mengkhawatirkan. Ternyata angka kematian anak berusia di bawah 4-5 tahun masih cukup besar.

Angka ini didominasi oleh penyakit diare dan pneumonia. Namun angka tersebut juga mencerminkan keadaan kesehatan dunia pada umumnya.

Pada 2015, World Health Organization (WHO) yaitu Organisasi Kesehatan Dunia merilis angka statistik dari penelitian mereka, bahwa penyakit Pneumonia adalah penyebab 15 persen dari seluruh kematian bayi dan anak-anak di seluruh dunia.

Tercatat 930.126 kasus kematian tersebut disebabkan oleh pneumonia. Angka yang sangat besar bila dibandingkan dengan angka kematian penyakit berbahaya lainnya seperti campak, malaria, bahkan AIDS.

Semua kasus penyakit berbahaya ini digabung pun, angka kematian akibat pneumonia masih jauh di atasnya.

Berdasarkan pemetaan statistik, terjadinya kasus penyakit pneumonia di seluruh dunia, disimpulkan bahwa risiko terjadinya penyakit pneumonia kebanyakan terjadi di negara-negara berkembang.

Yang memang biasanya tingkat akses masyarakat akan fasilitas kesehatan yang baik dinilai masih minim.

Banyak orang yang tidak menyadari betapa besar bahaya mengancam suatu bangsa karena penyakit pneumonia. Hal ini terlihat dari masih kurangnya pengetahuan masyarakat akan penyakit tersebut.

Termasuk di Indonesia yang juga adalah negara sedang berkembang, tak banyak terdengar info-info tentang pneumonia, bagaimana menghadapinya dan bagaimana mencegahnya.

Untuk itulah World Health Organization (WHO) mencanangkan Hari Pneumonia Sedunia (World Pneumonia Day/WPD) setiap tanggal 12 November.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved