Seputar Kaltim

Imigrasi Balikpapan Perketat Pengawasan Terhadap Warga Asing

Upaya pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) di Kota Balikpapan terus diperketat Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan

Imigrasi Balikpapan Perketat Pengawasan Terhadap Warga Asing
tribun kaltim
Tim Pora imigrasi Balikpapan sedang melakukan pemeriksaan warga negara asing yang berada di KWPLH Km 23, Kamis (27/10/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALIKPAPAN - Upaya pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) di Kota Balikpapan terus diperketat Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan.

Di antaranya adalah langkah yang ditempuh Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan yakni dengan menerjunkan tiga tim operasi pengawasan WNA untuk pelaksanaan operasi, Kamis (27/10/2016).

Adapun lokasi pertama yang dikunjungi sebagai target operasi pengawasan WNA yakni Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) Kota Balikpapan yang berada di Jalan Soekarno - Hatta Km 23, Balikpapan.

Ketua Tim C Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan Usman mengatakan, lokasi KWPLH ini dipilih sebagai sasaran pertama karena disinyalir terdapat warga negara asing berada di KWPLH.

"Disinyalir ada warga asingnya sehingga kita melakukan pengecekan paspor dan dokumen-dokumennya jangan sampai ada pelangaran terkait izinnya," katanya.

Selain itu, Usman mengatakan pemilihan ini juga dikarenakan lokasi tersebut berada di kawasan perbatasan. Selain itu, dengan melaksanakan pengawasan mulai dari perbatasan ke daerah kota, dinilai akan lebih efisien.

“Kalau dari perbatasan tidak bolak-balik, kan bisa sejalan ke arah kota dan lokasi target selanjutnya, “ katanya menambahkan.

Berdasarkan pengawasan tersebut di KWPLH ditemukan tiga WNA yang bertugas sebagai relawan bertugas untuk tenaga medis hewan.

Mereka terdiri dari warga negara Jerman, Australia, dan Swedia, yakni Karin Inglis (Swedia) dengan kelengkapan dokumen berupa paspor visa kunjungan sosial budaya; Kate Ellise (Australia) dengan kelengkapakan dokumen berupa visa kunjungan sosial budaya; dan Anne (Jerman) yang berdokumen Kitas. (*)

Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved