Digital Life

Waspada! Penipuan Janji WhatsApp Gratis dari Wifi

Dengan mengklik tautan yang dijanjikan yang akan meminta syarat mudah, kirimkan pesan tersebut ke 10 teman dan 5 group Whatsapp.

Waspada! Penipuan Janji WhatsApp Gratis dari Wifi
kompas.com
WhatsApp. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Para pengguna Whatsapp kembali mendapatkan scam dengan janji-janji palsu dimana dikatakan mereka bisa melakukan chatting dengan Whatsapp tanpa internet, alias Gratis.

Dengan mengklik tautan yang dijanjikan yang akan meminta syarat mudah, kirimkan pesan tersebut ke 10 teman dan 5 group Whatsapp.

Bagi pengguna Whatsapp yang tertipu, alih-alih mendapatkan Whatsapp gratis tanpa internet, yang terjadi malah ia dijadikan korban untuk menyebarkan scam ke kontak dan group WhatsApp-nya.

Setelah korbannya mengerjakan apa yang diperintahkan, ibarat kuda penarik kereta yang di depan mulutnya diikatkan wortel, supaya ia tetap berlari namun tidak akan pernah mencapai wortel tersebut.

Korban akan ditipu untuk meng-install apps yang kemungkinan besar menggunakan metode Pay per Install yang akan memberikan keuntungan finansial langsung kepada pembuat scam ini.

Dalam banyak kasus, aplikasi yang di-installkan berpotensi melakukan aktitivas malware.

Scam ini cukup canggih karena memiliki opsi untuk mendeteksi pengakses situs, jika diakses melalui smartphone akan menampilkan pesan scam, namun jika diakses dari komputer biasa akan dialihkan ke google search.

Kemungkinan opsi ini dimunculkan untuk menghindari pesan error pada PC karena coding yang dilakukan tidak kompatibel dengan Whatsapp for PC.

Pesan di WhatsApp ini akan datang dalam bentuk sebagi berikut:

Scam WhatsApp gratis.
Scam WhatsApp gratis.
WhatsApp.
Gambar 3, Permintaan untuk mengundang 10 teman dan 5 group WhatsApp.
Whatsapp
Gambar 4, Bukan Whatsapp gratis yang didapatkan melainkan persyaratan untuk menginstall 3 aplikasi.

Jika di klik dari smartphone, maka ia akan menampilkan pesan untuk share (broadcast) ke 5 group dan 10 kontak Whatsapp.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help