Berita Regional

Sekarang Khataman Bareng Sekarang Bisa Lewat Ponsel Lho!

Kali ini, mereka menghadirkan aplikasi di gadget yang memungkinkan orang-orang berbeda lokasi menggelar khataman bersama.

Sekarang Khataman Bareng Sekarang Bisa Lewat Ponsel Lho!
Dok Nusantara Mengaji
Khataman akbar berlangsung di Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (30/10/2016). Kegiatan tak hanya berpusat di satu lokasi, tetapi juga serentak berlangsung di 200 lokasi di 56 kelurahan dari 12 kecamatan di Kota Bekasi. Pada hari yang sama diluncurkan pula aplikasi online khataman, serta penyerahan beasiswa untuk para hafidz dan infak sejuta Alquran. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sukses mencatatkan rekor khataman serentak secara nasional beberapa waktu lalu, Gerakan Nusantara Mengaji kembali membuat gebrakan.

Kali ini, mereka menghadirkan aplikasi di gadget yang memungkinkan orang-orang berbeda lokasi menggelar khataman bersama.

"Ini adalah aplikasi khataman online pertama di dunia. Masyarakat dapat terhubung bersama-sama melaksanakan khataman Alquran secara serentak," ujar Koordinator Nasional Mengaji, Jazilul Fawaid, lewat siaran pers-nya, Minggu (30/10/2016).

Khataman adalah kegiatan setelah seseorang atau sekelompok orang menyelesaikan bacaan 30 juz Alquran. Saat ini, lanjut Jazilul, aplikasi tersebut dapat diunduh lewat Google Store bagi pengguna gadget dengan sistem operasi android. Nama aplikasi tersebut adalah "Nusantara Mengaji".

Berbicara di sela khataman akbar Alquran di Masjid Siti Rawani, Jati Asih, Bekasi, Jazilul menyebutkan aplikasi ini juga memasukkan 30 juz Alquran di dalamnya, lengkap dengan fitur pencari juz. Khataman bersama dapat dilakukan dan dijadwalkan lewat fitur "Khatamanku".

Sementara itu, Dewan Penasihat Nusantara Mengaji, Prof KH Akhsin Sakho Muhammad, menambahkan, orang-orang yang sama-sama memilih juz Alquran memakai fitur tersebut bisa melakukan khataman bersama.

“Sistem pun akan mencatat berapa orang yang mengikuti khataman serta berapa kali khataman yang telah dilaksanakan," imbuh Akhsin.

Selain fitur bacaan Alquran dan khataman, aplikasi tersebut mencantumkan pula informasi seputar keislaman, tafsir, dan khazanah keilmuan Islam lainnya.

"Ini media edukatif dan informatif terutama dalam era digital saat ini. Silakan unduh secara gratis, mudah-mudahan melalui aplikasi Nusantara Mengaji ini bisa menjadi nilai ibadah sekaligus media silaturahim kita," lanjut Akhsin.

Khataman akbar dan Hari Santri

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved