Dinas Peternakan Banjarmasin Khawatir Virus Flu Burung Bermutasi

Sampai sekarang, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin belum mendapatkan hasil laboratorium tentang flu burung di Simpang Pengambangan.

Dinas Peternakan Banjarmasin Khawatir Virus Flu Burung Bermutasi
banjarmasinpost.co.id/murhan
Tim Kesehatan Hewan menyemprotkan Desinfektan ke kandang unggas yang diduga terkena flu burung 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sampai sekarang, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin belum mendapatkan hasil laboratorium tentang flu burung di Simpang Pengambangan.

Seperti diketahui, sejak dua pekan lalu ada temuan flu burung yang membuat seratun lebih ayam mati mendadak. Kematian ayam itu dipastikan flu burung lewat rapid test atau tes cepat.

Sebenarnya, kata Kabid Peternakan Distankan Kota Banjarmasin, Anwar Ziady, hasil laboratorium dengan tes cepat tak beda.

Hanya, dari tes laboratorium itu bisa dilihat apakah virus tersebut mengalami mutasi atau tidak. "Apakah juga menjadi jenis baru atau tidak. Sehingga bisa diantisipasi," katanya.

Lantas apakah pernah unggas di Banjarmasin dilakukan vaksinasi? Menurut Anwar, Banjarmasin merupakan zona perjalanan unggas yang cepat.

Artinya, unggas di Banjarmasin tak diam dengan waktu lama seperti sentra peternakan atau sejenisnya. "Kadang, seminggu sudah kemana berpindahnya ayam. Jadi sulit," katanya. (*)

Penulis: Murhan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help