Serambi Ummah

Direktur LPPOM MUI Kalsel: Partisipasi Produsen di Urus Label Halal Masih Rendah

Apalagi, menurut dia, untuk kategori produsen makanan berskala kecil seperti rumahan, jumlahnya masih sangat rendah.

Direktur LPPOM MUI Kalsel: Partisipasi Produsen di Urus Label Halal Masih Rendah
Serambiumah.com
Cover Hal 1 Serambi Ummah, Jumat (4 November 2016) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Direktur Lembaga Pengkajian Pangan dan Obat-obatan serta Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Kalimantan Selatan, Udiantoro mengakui masih rendahnya kesadaran pihak produsen untuk mengurus label halal bagi makanan yang mereka hasilkan.

“Label halal ini kan sifatnya kesadaran tdiak ada paksaan, itulah yang menjadi salah satu faktor rendahnya minat produsen mengurus sertifikat halal,” ujar Udi.

Apalagi, menurut dia, untuk kategori produsen makanan berskala kecil seperti rumahan, jumlahnya masih sangat rendah.

“Kalau produsen besar yang sudah memiliki badan usaha seperti PT, mereka lebih peka untuk hal ini, seperti memproduksi makanan kemasan yang tahan lama” jelasnya.

Rendahnya minat mereka, diperkirakan Udiantoro, juga dipengaruhi faktor seperti mereka merasa apa yang dijual pasti kehalalannya, ada juga lantaran belum menyadari fungsi label halal.

“Kemungkinan lainnya juga persoalan biaya,” katanya lagi.

Diakui Udi, sangat beralasan bila produsen mangaku tidak paham tentang label halal, sebab pihaknya memang masih minim melakukan sosialisasi mengenai manfaat brending label halal ini serta manfaatnya bagi konsumen.

Menanggapi berapa besar biaya untuk keperluan pengurusan label halal ini, menurut Udi bervariasi tergantung besar kecilnya usaha namun kisaran antara Rp 1,3 juta sampai Rp 2,8 juta.

“Biaya ini dengan rincian untuk pendaftaran, biaya auditor serta pengurusan sertifikat halal,” jelas dia sambil mempersilakan bagi produsen yang ingin mengurus label halal bisa mendatangi sekretariat di Kompleks Masjid Raya Sabilal Muhtadin. (uum)

Cover Serambi Ummah
Cover Serambi Ummah Edisi Jumat (4/11/2016)
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved