Home »

Bisnis

» Makro

Ekonomi dan Bisnis

OJK Dorong Pertumbuhan Agen Laku Pandai

Otoritas Jasa Keuangan terus berupaya mendorong pertumbuhan agen laku pandai dalam rangka keuangan inklusif untuk mempermudah masyarakat melakukan

OJK Dorong Pertumbuhan Agen Laku Pandai
banjarmasinpost.co.id/fathurahman
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Otoritas Jasa Keuangan terus berupaya mendorong pertumbuhan agen laku pandai dalam rangka keuangan inklusif untuk mempermudah masyarakat melakukan transaksi keuangan dan perbankan.

Laku Pandai merupakan layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif merupakan Program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank).

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 9 Kalimantan Agus Priyanto mengatakan, dengan adanya Laku Pandai diharapkan masyarakat dapat melakukan transaksi keuangan seperti menyimpan dan memanfaatkan uang yang dimilikinya dengan lebih murah, aman, dan cepat.

Program ini bertujuan menyediakan produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan.

Produk yang disediakan dalam program ini adalah tabungan dengan karakteristik basic saving account (BSA), kredit atau pembiayaan kepada nasabah mikro, dan produk keuangan lainnya seperti asuransi mikro.

Untuk itulah, OJK, industri perbankan dan industri jasa keuangan lainnya berkomitmen mendukung terwujudnya keuangan inklusif.

Di Kalimantan Selatan, ujarnya, saat ini ada empat bank yang telah menyelenggarakan Laku Pandai, yaitu Bank BRI, Mandiri, BNI dan akan segera menyusul Bank Kalsel.

Jumlah agen Laku Pandai sampai saat ini ada 1.791, yang terdiri dari 54 badan usaha dan 1.737 perorangan.

OJK terus mendorong agar agen Laku Pandai benar-benar menjadi agen bank yang melayani kebutuhan produk perbankan dan jasa lainnya. (*)

Penulis: Sudarti
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help