Travel

Mau ke Raja Ampat? Perhatikan Kisaran Biaya ala "Backpacker

KompasTravel mencoba menghitung pengeluaran untuk berwisata ala backpacker ke 'surga di timur Indonesia' ini.

Mau ke Raja Ampat? Perhatikan Kisaran Biaya ala
tabloid nova
Raja Ampat sudah sangat dikenal 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Banyak orang ingin berwisata ke Raja Ampat di Papua Barat, namun merasa terhalang oleh bujet yang cukup besar. KompasTravel mencoba menghitung pengeluaran untuk berwisata ala backpacker ke 'surga di timur Indonesia' ini.

KompasTravel baru-baru ini mengikuti Festival Lovely Raja Ampat yang digelar pada 18-21 Oktober 2016. Dihimpun KompasTravel, berikut perhitungan bujet untuk wisata ke Raja Ampat ala backpacker.

Homestay di Batanta, Raja Ampat.
Homestay di Batanta, Raja Ampat.  

1. Transportasi ke Raja Ampat

Skenarionya adalah berangkat dari Jakarta menuju Sorong, Papua Barat. Ada beberapa maskapai yang melayani rute ini antara lain Garuda Indonesia, Nam Air, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Xpress Air.

Harga penerbangan ke Sorong fluktuatif, dengan kisaran Rp 1,5 juta - Rp 3 juta sekali jalan. Dari hitungan terendah, maka ongkos pesawat pergi-pulang membutuhkan bujet Rp 3 juta.

Sampai di Sorong, wisatawan harus menyeberang ke Raja Ampat. Pilihannya menggunakan kapal laut atau pesawat Susi Air. Untuk menekan biaya, kapal laut adalah pilihan tepat. Kapal cepat dengan waktu berlayar dua jam dari Sorong menuju Waisai (ibu kota Kabupaten Raja Ampat) dihargai Rp 130.000.

2. Tarif wajib masuk Raja Ampat

Untuk berwisata di Raja Ampat, wisatawan dikenakan Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) yang dipatok Rp 500.000 per orang untuk wisatawan nusantara dan Rp 1 juta per orang untuk wisatawan mancanegara. Tarif ini dapat dibayarkan di pelabuhan atau kantor Kabupaten Raja Ampat.

raja ampat
Peserta media famtrip dari Perancis yang diundang Kementerian Pariwisata di Pianemo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016). Untuk melihat panorama bahari ini, wisatawan harus menaiki 320 anak tangga, sebelum akhirnya rasa capek terbayar begitu melihat keindahan Pianemo dari atas bukit.

3. Akomodasi

Di Raja Ampat ada banyak pilihan jenis akomodasi seperti hotel, resor, dan homestay. Untuk backpacker, homestay jadi pilihan yang tepat karena harga per malamnya paling rendah.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved