Yunani Minta Pemprov Kalsel Serius Tuntaskan Jalan Mataraman-Sungai Ulin

Seperti saat ini, truk-truk trailer sering melintas termasuk truk triler pengangkut semen cukup sering setiap harinya melintasi Kota Martapura.

Yunani Minta Pemprov Kalsel Serius Tuntaskan Jalan Mataraman-Sungai Ulin
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Ruas Jalan lingkar luar Mataraman-Sungai Ulin melintasi areal perkebunan karet ini terlihat lengang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA – Banyaknya kendaraan yang terjebak macet hingga menimbulkan parkiran mobil hingga beberapa kilometer di sepanjang Jalan A Yani km 49 Astambul seolah mengulang kembali kemacetan yang berlangsung pada saat lebaran Idulfitri lalu.

Tidak adanya jalan alternatif lain memaksa pengemudi harus terhenti selama empat jam lamanya di kawasan tersebut. Kejadian ini, bisa saja terulang kembali jika Jalan lingkar luar Mataraman-Sungai Ulin yang telah sejak 12 tahun silam tidak segera diselesaikan.

Sekretaris Komisi III DPRD Banjar, H Yunani menyayangkan, ruas jalan lingkar luar Mataraman-Sungai Ulin belum juga dituntaskan. Harapannya, ketika ruas jalan itu rampung angkutan-angkutan besar tidak perlu harus melintas melalui jalan kota.

Seperti saat ini, truk-truk trailer sering melintas termasuk truk triler pengangkut semen cukup sering setiap harinya melintasi Kota Martapura. Risikonya, ketika terjadi masalah dengan mobil-mobil besar ini kemacetan panjang yang terjadi.

Kejadian yang terjadi Kamis pekan lalu di Astambul ketika truk bermuatan semen seberat 70 ton mengalami masalah dengan mesin kemacetan panjang pun kembali terjadi. Persaoalannya, tidak ada jalur alternatif. Kalau pun ada, hanya jalan kecil saja.

“Saya sendiri sewaktu Idulfitri lalu mengalami sendiri kemacetan berjam-jam di jalur tersebut. Rencana kegiatan halal bihalal keluarga di Kandangan (HSS) pun terpaksa urung saya hadiri. Saya balik lagi ke Gambut, Karena sudah tidak mungkin lagi waktunya terkejar lagi untuk ke Kandangan,” terang Yunani.

Dia berharap Pemprov Kalsel benar-benar serius menyelesaikan pembangunan jalan lingkar luar Mataraman-Sungai Ulin. Pemkab Banjar, juga dituntut untuk bekerja keras menyelesaikan pembebasan lahannya. Warga pun, juga diharapkan dukungannya untuk merelakan lahannya karena pembangunan jalan ini untuk kemajuan daerah.

“Kita harus sinergis dengan provinsi untuk menyelesaikan jalan Mataraman-Sungai Ulin sehingga jalan tersebut bisa segera diselesaikan. Sudah 12 tahun lebih sejak dibangun hingga saat ini jalan tersebut belum juga tuntas,” katanya. (wid)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved