NEWS VIDEO

Ini Teh Daun Sapat, Khasiatnya Buat Sembuhkan Sakit Pinggang

Teh ini bisa dibuat dari pengalaman pribadinya yang bisa sembuh dari sakit pinggang setelah meminum air rebusan daun sapat pada 2013 lalu.

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Edy Rakhman (34) warga Kelurahan Jangkung RT. 6, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, kini menjadi pembuat teh herbal dari daun sapat.

Teh ini bisa dibuat dari pengalaman pribadinya yang bisa sembuh dari sakit pinggang setelah meminum air rebusan daun sapat pada 2013 lalu.

Dirinya pun terpikir untuk menjadikannya minuman teh. Cara membuat teh didapatnya dengan browsing di internet dan kini telah diolahnya menjadi teh celup herbal dalam kemasan kotak. Sehingga menjadi penambah penghasilan baginya.

Bukan hanya itu, berkat usahanya mengolah daun sapat menjadi minuman herbal ini, warga sekitar tempat tinggalnya di kelurahan jangkung, tepatnya di RT. 6 dan 7, juga banyak yang terbantu memiliki tambahan penghasilan.

Ini karena warga sekitar bisa menjual daun sapat baik yang sudah kering maupun basah ke bank daun sapat yang ada di rumahnya. Di sini masyarakat bisa 'menyetorkan' lembaran daun sapat dan kemudian diganti dengan sejumlah rupiah.

"Daunnya yang bagus itu yang pucuk, setelah dipetik lalu dijemur sampai kering dan terakhir disangrai setelah diiris kecil-kecil. Itu saja prosesnya," kata Edy yang sehari-hari menjadi honorer di PAUD Alquran. (Banjarmasin Post/Dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved