Berita Hulu Sungai Selatan

Mau Icip-icip Kuliner Khas HSS? Buruan ke Kandangan, Cuma Sampai 20 November

Datang saja ke halaman rumah Banjar yang menjadi showroom Dekranasda di Jalan Sudirman Hamalau, Kandangan, Hulu Sungai Selatan.

Mau Icip-icip Kuliner Khas HSS? Buruan ke Kandangan, Cuma Sampai 20 November
banjarmasinpost.co.id/hanani
Pekan kuliner HSS.

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Anda penggemar kuliner tradisional Hulu Sungai Selatan (HSS)?

Datang saja ke halaman rumah Banjar yang menjadi showroom Dekranasda di Jalan Sudirman Hamalau, Kandangan, Hulu Sungai Selatan.

Sejak Selasa 15 sampai 20 November 2016, Pemkab HSS menggelar pekan kuliner tradisional khas setempat.

Ada ketupat Kandangan, lamang, apam batil, laksa, bingka, patah, aneke bubur, pundut, lapat dan bubur hintalu karuang, bubur baayak, randang sagu, semua disajikan langsung oleh pedagang tradisional dengan harga terjangkau.

Pekan kuliner itu mulai buka sejak pukul 08.00 wita sampai makanannya habis.

"Sudah dua hari kami buka, pukul 14.00 wita makanannya sudah habis. Alhamdulillah disambut baik masyarakat dan kalangan pemerintahan," kata salah satu penyaji kuliner bubur randang dan bubur baayak kepada BPost Online.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM HSS, Sasmi Rifani, mengatakan pekan kuliner tradisional bertujuan melestarikan dan memperkenalkan kuliner khas Kalsel, khususnya HSS.

Juga untuk mempromosikan dan mengenalkan kuliner daerah, serta Dekranasda sebagai pusat kerajinan oleh-oleh, sehingga diketahui masyarakat umum.

Kegiatanpekan kuliner itu melibatkan olahan 12 usaha kecil menengah.

Mereka mendapat bantuan modal Rp200.000/orang, sebagai modal membuat makanan.

Selanjutnya, kata Sasmi, telah pekan. Dekranasda sendiri membuka peluang kepada pemilik usaha kecil yang ingin terus berdangang di Showroom Dekranasda. "Kami siap memfasilitasi," kata Sasmi.

Bupati HSS H Achmad Fikry, berharap pekan kuliner tradisional, dapat menjadi ajang promosi dan pelestarian makanan khas Kabupaten HSS, selain meningkatkan sektor ekonomikerakyatan.

"Mereka boleh terus berjualan di showroom Dekranasda," katanya. (*)

Penulis: Hanani
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved