Berita Balangan

Tahun Depan Balangan Tambah Luasan Lahan yang Akan Ditanami

Sejak bulan September 2016 kemarin jumlah target tanam Kabupaten Balangan tahun 2016 resmi ditutup dan akan dilanjutkan dengan dengan target tanam tah

Tahun Depan Balangan Tambah Luasan Lahan yang Akan Ditanami
banjarmasinpost.co.id/elhami
(Ilustrasi) TNI dan petani di Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Sejak bulan September 2016 kemarin jumlah target tanam Kabupaten Balangan tahun 2016 resmi ditutup dan akan dilanjutkan dengan dengan target tanam tahap II mulai Oktober 2016 sampai Maret 2017.

Di tahun ini bisa dibilang merupakan keberhasilan Kabupaten Balangan dalam mencapai target tanam yang dibebankan, bahkan melebihi apa yang sebelumnya ditargetkan.

Target tanam 2016 yang ditetapkan untuk kabupaten berjuluk Bumi Sanggam ini adalah 40.109 hektare dan kelebihannya sekitar 1.300 hektare lebih.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Peternakan Perikanan (PTPHPP) Balangan Tuhalus mengatakan, target tanam 2016 sudah selesai saat ini sedang menjalani target tanam tahap ke II.

Menurutnya, hasil tersebut tak terlepas dari upaya para petani, serta sejumlah kegiatan dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

Salah satu faktor keberhasilan pencapaian target tanam tahun ini adalah banyaknya petani yang sudah menanam padi gogo, kemudian ada pembukaan lahan baru di Desa Baru dan Piyait di Kecamatan Awayan.

"Kita akan terus tingkatkan, apalagi target tanam selanjutnya akan kembali meningkat, salah satunya kami akan menggalakkan agar petani tanam padi gogo," jelasnya kepada BPost.

Lebih lanjut diungkapkannya, target tanam untuk tahun 2017 Bumi Sanggam akan kembali dibebani yakni sebesar 44.000 hektare.

Angka tersebut tentu saja menjadi tugas berat sekaligus memotivasi pemerintah dan petani agar lebih maksimal memajukan bidang pertanian.

"Kita juga akan evaluasi hasil dilapangan, kemudian menggalakkan tanam padi gogo, serta ada lagi pembukaan lahan baru atau cetak sawah," ujarnya. (*)

Penulis: Elhami
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help