Serambi Ummah

Gamis Berenda Favorit Ibu Hamil

Bagi muslimah, khususnya yang berjilbab, selain longgar tentunya unsur busananya harus yang sesuai syariat pula atau menutup seluruh aurat.

Gamis Berenda Favorit Ibu Hamil
Serambiummah.com
Cover halaman 8 Serambi Ummah 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Perempuan hamil biasanya menyukai busana yang longgar, di antaranya model gamis syar’i. Alasannya agar bisa lebih nyaman bernapas, mengingat perut yang makin hari kian membesar.

Seperti diakui Suci Ramadhana yang sedang hamil muda, karena jika busananya ketat akan membuat kurang nyaman bergerak, apalagi bernapas.

Perut yang kian membesar akan terasa makin berat. Pemilihan busana yang pas biasanya akan sangat menunjang kenyamanan bergerak bagi perempuan yang sedang berbadan dua. Banyak pula yang mengatakan, busana ketat bagi perempuan hamil dianggap kurang pas karena akan menyebabkan berbagai masalah kulit, hingga membuat aktivitas pun terhambat.

Tak hanya urusan model busana, bahannya pun kerap menjadi dasar memilih busana hamil yang pas. Bagi muslimah, khususnya yang berjilbab, selain longgar tentunya unsur busananya harus yang sesuai syariat pula atau menutup seluruh aurat.

Penjual busana muslimah di Kota Banjarmasin, Haji Samad, mengatakan, kebanyakan perempuan hamil yang berjilbab senang berbelanja di tokonya.

“Biasanya mereka memilih model yang longgar, model syar’i sepasang dengan jilbabnya yang lebar. Kalau soal gaya fashionnya seperti apa, biasanya tergantung selera masing-masing,“ kata Haji Samad.

Busana muslimah untuk perempuan hamil, menurutnya, tak tergantung musim dan tren fashion. Sebab, biasanya pelanggannya lebih mengutamakan kenyamanan saat dipakai di badan.

Menurutnya, tahun 2015 lalu, model syar’i yang bawahnya ada rendanya itu yang tren. Kalau sekarang belum ada lagi.

“Tapi yang ada rendanya ini masih ada saja yang membeli sekarang ini, mungkin karena nyaman dipakai, lebar, longgar, nyaman buat yang hamil,” ujarnya.

Penjual busana muslimah lainnya di Banjarmasin, Ina, mengatakan, di tokonya biasanya perempuan hamil senang membeli baju yang berbahan jersey dan satin. Bahan jersey mirip spandek, tapi lebih ringan dan dingin di kulit, sementara satin lebih mengilap dan tebal. Modelnya pun beragam.

Untuk gaya fashion, tak terlalu dipentingkan oleh para pembeli busana ibu hamil. “Mereka biasanya lebih mementingkan kenyamanan dan jenis bahannya saat dipakai, khususnya di sekitar perut, apakah nyaman dipakai saat hamil. Bahan yang tipis juga biasanya banyak disukai perempuan hamil,” kata Ina.

Kebanyakan, lanjutnya, mereka memilih yang longgar. Khususnya longgar di sekitar perut. “Biasanya gamis yang banyak penyukanya, modelnya yang penting longgar dari perut ke bawah,” katanya. (ath)

Cover Serambi Ummah
Cover halaman H Serambi Ummah Edisi (25/11/2016)
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved