Banjarmasin Post Edisi Cetak

Lomba Langsung Menggunakan Mayat, FK ULM Harum di Tingkat Internasional

Olimpiade tahun ini menjadi istimewa karena bertema Basic to clinical anatomy, lomba pun melibatkan cadaver (mayat asli).

Lomba Langsung Menggunakan Mayat, FK ULM Harum di Tingkat Internasional
banjarmasinpost.co.id
Cover Halaman 1 Banjarmasin Post 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali meraih prestasi internasional. Tim Fakultas Kedokteran ULM meraih peringkat VI Asia, di ajang 3rd CMU-IMC, yang digelar di Chiang Mai University Internasional Medical Challange 2016.

Olimpiade tahun ini menjadi istimewa karena bertema Basic to clinical anatomy, lomba pun melibatkan cadaver (mayat asli).

Bagi masyarakat awam, tentunya hal itu terdengar mengerikan. Tapi, bagi Dzulfiqar Sakti Ramadhan, Rangsang Bagus Prabowo, Rizky Pratama, hal itu jadi tantangan dan menarik karena anatomi sebagai ilmu dasar kedokteran yang sangat luas untuk dipelajari.

Didampingi dr Didik Dwi S, MKes, tim menorehkan peringkat baik di ajang internasional itu.

“Iya saat lomba langsung dengan cadaver. Karena memang saat lomba soal dan pertanyaan langsung pakai cadaver untuk membiasakan,” ucap Randsang Bagus Prabowo.

Kata mahasiswa pendidikan dokter semester 7 ini, meski dengan soal yang tak biasa, hal itu jadi tantangan tersendiri. Timnya bisa konsentrasi penuh karena belajar dengan mayat (cadaver) sudah didapat di tahun pertama kuliah.

”Mata kuliah anatomi tahun pertama. Khusus persiapan lomba, kampus sangat mendukung kalau misalnya mau masuk ke lab belajar persiapan lomba dengan cadaver,” bebernya.

Bagus mengaku, ajang 3rd CMU-IMC Chiang Mai University Internasional Medical Challange 2016 dirasakan sangat istimewa karena dengan sudah menginjak semester 7 artinya itu jadi perlombaan terakhir yang bisa diikuti. Untuk berikutnya sudah regenerasi, diharapkan regenerasi berikutnya bisa kembali toreh prestasi tingkat internasional bidang medis.

“Ini mungkin perlombaan terakhir yang bisa kami ikuti. Anatomi menarik. Sebagai ilmu dasar untuk kedokteran yang sangat luas untuk dipelajari. Memang ada tantangannya, secara umum ada tantangan dalam memahami penggunaan bahasan latin dalam penamaan struktur anatomi,” ucapnya.

Departemen anatomi FK ULM memang dikenal langganan raih prestasi, apalagi di tingkat nasional. Di olimpiade level nasional, ULM sudah tiga tahun juara GIMSCO (olimpiade anatomi nasional). Tahun 2014 juara kedua, 2015 juara kedua dan harapan kedua, tahun 2016 juara umum. Capaian yang stabil mengantarkan mereka ke olimpiade internasional.

Pada 3rd CMU-IMC Chiang Mai University Internasional Medical Challange 2016 diikuti tujuh negara, yakni Malaysia, China, Thailand, Indonesia, Filipina, Kamboja, Vietnam.

Selain ULM, Indonesia juga diwakili perguruan tinggi ternama seperti UI, UGM Unpad, Undip, Universitas Brawijaya, HangTuah, Atmajaya, Unair, UPH. UI, IGM, UNDIP, UPH dan Atmajaya mengirimkan dua tim.

Babak penyisihan (terdiri dari praktikum sama mcq) diambil 16 tim terbaik masuk ke babak semifinal. Di babak dibagi jadi dua grup, A dan B. TIM fk ULM ngebut dan berjaya hingga semifinal. Di semifinal, bertarung dengan sistem peringkat. Hingga akhirnya UGM, Undip, University of Phillipines dan Navamindradhiraj University Thailand yang langsung masuk final. Sedangkan tim FK ULM berada di posisi keenam. (kur)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help