Health Info

Mau Mengontrol Porsi Makan Penderita Diabetes? Lakukan Cara Ini

"Porsi makan penting untuk menjaga kadar gula darah" kata Vandana Sheth, RD, CDE, jurubicara Academy of Nutrition and Dietetics

Mau Mengontrol Porsi Makan Penderita Diabetes? Lakukan Cara Ini
thinkstockPhoto
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Bagi penderita diabetes tipe-2, menjaga agar berat badan ada di kisaran sehat adalah sesuatu yang sangat penting. Itu artinya, porsi makanan perlu diperhatikan.

"Porsi makan penting untuk menjaga kadar gula darah" kata Vandana Sheth, RD, CDE, jurubicara Academy of Nutrition and Dietetics (AND).

"Jika tahu caranya, mengontrol porsi akan sangat mudah dan praktis dan itu bisa membantu pasien mengurangi kebutuhannya terhadap obat-obatan," kata Sheth lagi.

"Rencana penurunan berat badan, pengobatan secara oral dan pemakaian insulin pada pasien diabetes tipe-2, biasanya dihitung berdasarkan asupan kalori dan karbohidrat setiap kali makan," kata Lori Zanini, RD, CDE, juru bicara nasional AND.

Maka, memraktikkan kontrol porsi adalah hal yang sangat esensial untuk mengelola diabetes tipe-2.

- Merencanakan porsi makan.

- Gunakan petunjuk pengaturan porsi berikut ini untuk menjaga asupan kalori dan karbohidrat Anda tetap dalam batas aman.

- Satu porsi daging sama dengan tiga ons, kira-kira sebesar ukuran kartu remi.

- Satu porsi keju sama dengan satu ons, kira-kira setara dengan enam buah dadu.

- Satu porsi gandum atau pasta atau nasi merah (sudah dimasak) sama dengan setengah cangkir atau setara dengan ukuran bola tenis.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved