Ekonomi dan Bisnis

Horee! Koperasi Dapat Salurkan KUR

koperasi hanya bisa menyalurkan KUR jika sudah mendapat persetujuan anggota serta hanya menyalurkan KUR kepada anggota.

Horee! Koperasi Dapat Salurkan KUR
Istimewa
Braman Setyo, Deputi Pembiayaan Kemenkop dan UKM 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kabar baik bagi koperasi simpan pinjam. Pasalnya koperasi simpan pinjam sekarang dilibatkan dalam program penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Persyaratan yang ditetapkan untuk menyalurkan KUR tersebut di antaranya harus memiliki rasio kredit bermasalah atau non- performing loang (NPL) di bawah 5 persen," jelas Braman Setyo, Deputi Pembiayaan Kemenkop UKM saat menghadiri Rakor dan Moneva Pelaksanaan Program KUR Prov Kalsel di Hotel Banjarmasin International (HBI), Rabu (30/11/2016).      

Koperasi penyalur KUR diwajibkan membangun sistem online yang terintegrasi dengan sistem informasi kredit program (SIKP) dan sistem online dengan perusahaan penjamin dalam hal ini Askrindo dan Jamkrindo, jelas Braman seraya menambahkan bahwa draf revisi Permenko sudah selesai sehingga diharapkan pekan depan sudah terbit.

Selain itu, Kemenkop juga membuat syarat tambahan, yakni koperasi hanya bisa menyalurkan KUR jika sudah mendapat persetujuan anggota serta hanya menyalurkan KUR kepada anggota.

Braman menyebutkan, dari kalsel ada tiga koperasi simpan pinjam yang diusulkan untuk menyalurkan KUR, namun sampai sekarang masih dalam proses  analisa.

Ikuti kami di
Penulis: Sudarti
Editor: Mustain Khaitami
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help