Berita HSS

Cerita Mandi di Sungai, Pidato Paman Birin di HUT HSS ke 66 Bikin Ngakak

Mengawali sambutan dengan melantunkan sholawat dan pantun yang dibuat syair, Paman Birin lantas bercerita dengan gaya kocak dalam bahasa banjar.

Cerita Mandi di Sungai, Pidato Paman Birin di HUT HSS ke 66 Bikin Ngakak
banjarmasinpost.co.id/hanani
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menandatangani prasasti proyek pada peringatan puncak HUT Hulu Sungai Selatan ke 66, Senin (5/12/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor punya cara sendiri mencairkan suasana yang formal. Itu terjadi saat memberikan sambutan, pada peringatan puncak HUT Hulu Sungai Selatan, ke 66, Senin (5/12/2016).

Meski pihak protokoler telah menyiapkan naskah pidato formal, gubernur yang lebih senang dipanggil Paman Birin dan memanggil istrinya Acil Odah (Raudatul Jannah) itu tak menggunakan naskah pidato itu, dalam menyampaikan pidato sambutannya.

Mengawali sambutan dengan melantunkan sholawat dan pantun yang dibuat syair, Paman Birin lantas bercerita dengan gaya kocak dalam bahasa banjar.

Dia menceritakan pengalamannya selama semalam menginap di HSS.

"Ulun malam tadi guring di Kandangan, buhan pian tahulah. Ulun tidur di Hotel Baambun, dingin banar malam tadi. Paginya ulun mandi bacabur ke sungai. Lokasinya di alam roh tujuh, puncak gunung Loksado," beber Sahbirin.

Diapun mengatakan, mandi di sungai membuatnya teringat pertama kali bertemu istrinya, Acil Odah.

"Dulu Acil Odah sering mandi di batang, dan kami ketemunya di Sungai Martapura," kenangnya disambut geer para hadirin.

Gubernur lantas berpantun, memberi nasehat, agar menghormati orangtua, agar hidup beruntung.

"Kadatapi pintar,kalau bauntung (beruntung) bisa jadi Gubernur. Contohnya saya, bauntung jadi gubernur. Padahal dulu tukang ojek, tukang parkir," selorohnya.

Gubernur pun mengajak warga HSS yang, agar terus meningkatkan prestasi, hingga go internasional, seperti beberapa orang yangtelah mewakili HSS ke tingkat nasional hingga internasional.

Sahbirin juga mengajak jajaran Pemkab HSS menciptakan lingkungan rumah yang nyaman, baik di rumah, lingkungan kerja yang nyaman.

"Di rumah, jika tidak ada pohon, tanami pohon, biar rindang. Di lingkungan kerja, ciptakan suasana kekeluargaan dan kebersamaan agar semangat kerja selalu terpelihara," katanya. (*)

Penulis: Hanani
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved