Disdik Minta Sekolah Fokus Siapkan Anak Didik Belajar

Informasi terkait adanya moratorium Ujian Nasional (UN) pada tahun 2017 nanti hingga saat ini belum ada kejelasan

Disdik Minta Sekolah Fokus Siapkan Anak Didik Belajar
banjarmasinpost.co.id/ibrahim ashabirin
Ujian Nasional Perbaikan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Informasi terkait adanya moratorium Ujian Nasional (UN) pada tahun 2017 nanti hingga saat ini belum ada kejelasan, meski demikian sejumlah sekolah di Kabupaten Balangan tak begitu mempermasalahkannya.

Saat ini sekolah tetap mempersiapkan dan menganggap UN tetap akan ada. Seperti yang dilakukan oleh SMPN 4 Paringin, terlepas dari wacana moratorium UN yang kemarin menyita dunia pendidikan, tetap melaksanakan persiapan.

"Karena masih belum jelas apakah ada atau tiada UN, jadi kami anggap UN itu ada, oleh karena itu kami tetap melakukan persiapan," ujar Kepala SMPN 4 Paringin, Rafiul Amal kepada BPost Online, Senin (5/12/2016).

Apalagi SMPN 4 Paringin merupakan sekolah yang akan kembali menerapkan ujian nasional dengan sistem UNBK, sehingga perlu disiapkan sejak dini.

"Kami juga sudah registrasi siswa, mempersiapkan komputer, sosialisasi sampai membentuk pengawas UN," ungkapnya.

Menanggapi adanya wacana moratorium tersebut, Rafiul mengaku tidak setuju jika UN ditiadakan, karena tanpa UN tidak dapat mengetahui standar kemampuan siswa tingkat nasional.

"Soal yang dibuat itukan standar nasional, jadi sangat penting untuk mengetahui kemampuan anak dan juga sekolah itu sendiri, tapi apapun keputusannya nanti tetap diikuti," katanya.

Informasi didapatkan untuk pelaksanaan UNBK 2017 di Kabupaten Balangan ada tujuh sekolah, jumlah tersebut bertambah dari tahun sebelumnya hanya lima sekolah.

Ketujuh sekolah tersebut adalah SMAN 2 Paringin, SMKN 1 Paringin, SMKN 1 Batumandi, SMAN 1 Awayan, SMAN 1 Paringin, SMPN 4 Paringin, dan SMAN 1 Paringin.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Sulaiman Kurdi meminta kepada sekolah agar tetap fokus memberikan motivasi dan semangat kepada siswa terlepas dari wacana ada atau tiadanya UN.

"Kita belum menerima informasi lebih lanjut soal wacana itu, meski demikian saya meminta sekolah fokus lakukan persiapan mulai sekarang," ujarnya.

Disinggung sekolah yang akan melaksanakan UNBK memang bertambah dari sebelumnya yakni ada tujuh sekolah.

"Karena wewenang SMA/SMK per 1 Januari 2017 oleh provinsi jadi soal informasi lainnya di provinsi, sementara SD dan SMP masih dibawah wewenang kabupaten," katannya.

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help