Berita HST

Mantan Kades Maringgit HST Terbukti Korupsi Rp 115 Juta Diganjar 1 Tahun Penjara

Mantan Kepala Desa (Kades) Maringgit, Kecamatan Batang Alai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Tajuddinnor akhirnya divonis satu tahun penjara

Mantan Kades Maringgit HST Terbukti Korupsi Rp 115 Juta Diganjar 1 Tahun Penjara
banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
(Ilustrasi) Jaksa pakai senter hp bacakan dakwaan saat listrik di PN Tipikor padam, Kamis (24/11/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mantan Kepala Desa (Kades) Maringgit, Kecamatan Batang Alai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Tajuddinnor akhirnya divonis satu tahun penjara oleh hakim di PN Tipikor.

Selain vonis satu tahun, pada yang dibacakan ketua majelis hakim Pudjana, terdakwa yang dituduh telah menggunakan dana desa ini juga didenda. denda Rp50 juta subsider 3 bulan penjara.

Serta membayar uang pengganti Rp115 juta lebih atau kurungan badan selama 6 bulan.

"Menyatakan terdakwa bersalah melanggar pasal 3 jo 18 UURI No 31 tahun 1999, tentang tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dan ditambah pada UU No 20 tahun 2001, tentang tindak pidana korupsi," ungkap Pudjana.

Putusan yang diberikan lebih ringan dari tuntutan jaksa. Sebelumnya jaksa Tri Margono, menuntut terdakwa selama 18 bulan, denda Rp50 subsider 4 bulan, dengan uang pengganti sebesar Rp115.182.479 dengan ketentuan apabila tidak bisa membayar maka diganti kurungan badan selama 2 bulan.

Kasus dugaan penyimpangan dana desa ini diperkirakan terjadi dari tahun 2009 hingga 2014, yang mana Tajuddinnor selaku Kades Maringgit melakukan penyimpangan dengan cara membuat kegiatan fiktif.

Anggaran dana untuk Desa Maringgit dari APBN untuk pembangunan desa sebesar Rp 400 juta, dan oleh tersangka sebagian memang telah digunakan untuk pembangunan desa, namun sebagian fiktif, karena dari besar anggaran itu sebesar Rp 115 juta tidak dapat dipertanggungjawabkan. (*)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved