Advertorial

PLN Listriki 14 Desa di Kalsel dan Sukses Bangun Infrastruktur

Torehan prestasi tersebut tercapai setelah PLN Kalselteng berhasil menyelesaikan pembangunan infrastruktur kelistrikan.

PLN Listriki 14 Desa di Kalsel dan Sukses Bangun Infrastruktur
Istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU- Komitmen PT PLN (Persero) untuk menerangi negeri terus dilakukan. Sebagai bukti, PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN Kalselteng), melalui program listrik desa sukses melistriki 14 Desa di Kalimantan Selatan terhitung Rabu (7/12).

Torehan prestasi tersebut tercapai setelah PLN Kalselteng berhasil menyelesaikan pembangunan infrastruktur kelistrikan.

Belasan desa yang berhasil dijangkau listrik tersebut meliputi desa di Kabupaten Tanahlaut dan Kabupaten Baritokuala.

Rinciannya, sebanyak delapan desa di Kabupaten Tanahlaut, yakni Desa Kandangan Lama, Kuringkit, Sungai Bakar - Gang Karmila, Desa Trans Bali - Tajaupecah, Bawahlayung, Maluka Baulin, Desa Pantai Harapan dan Desa Sungai Bakau.

Sedangkan 6 Desa di Kabupaten Baritokuala terdiri atas Desa Anjir Seberang Pasar Handil Manting, Tinggiran Baru 1, Tinggiran Baru 2, Bahandang, Karang Bunga dan Desa Tebing Rimbah Raya. Semua Desa tersebut saat ini telah dijangkau listrik dari PLN.

Selain 14 desa tersebut, dalam waktu dekat menyusul tambahan enam desa lagi yang akan teraliri listrik dari PLN.

Enam desa yang dimaksud, yakni Desa Sungai Jelai - Plamboyan dan Desa Kelapa Sawit di Kabupaten Tanahlaut, Desa Aluhaluh Kecil - Pemurus di Kabupaten Banjar, Desa Handil Aji, Desa Semangat Dalam dan Desa Pantang Raya di Kabupaten Baritokuala.

Menurut penjelasan Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Kalselteng, M Yusfiansyah, dengan masuknya suplai listrik dari PLN, potensi pelanggan baru yang akan menikmati aliran listrik dari seluruh Desa tersebut tidak kurang dari 1.850 Kepala Keluarga.

"Kami menyadari bahwa kebutuhan akan listrik tidak bisa ditawar lagi, penyalaan listrik desa ini merupakan upaya kami guna memenuhi kebutuhan listrik bagi msyarakat yang sampai saat ini masih belum bisa memanfaatkan aliran listrik. Kami juga berharap dengan masuknya listrik, masyarakat dapat memanfaatkannya untuk kegiatan produktif sehingga secara langsung akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," ujar dia, Rabu (7/12).

Lebih lanjut, Yusfiansyah, menjelaskan, bahwa guna melistriki semua desa tersebut, PLN Kalselteng telah berinvestasi lebih dari Rp 10 miliar untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur kelistrikan. Hal itu meliputi pembangunan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) sepanjang lebih dari 7 kilometer sirkuit (kms) dan Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) sepanjang lebih dari 19 kms. (*/ofy)

Desa yang Teraliri Listrik:
* Kabupaten Tanahlaut, yakni Desa Kandangan Lama, Kuringkit, Sungai Bakar - Gang Karmila, Desa Trans Bali - Tajaupecah, Bawahlayung, Maluka Baulin, Desa Pantai Harapan dan Desa Sungai Bakau.
* Kabupaten Batola, terdiri atas Desa Anjir Seberang Pasar Handil Manting, Tinggiran Baru 1, Tinggiran Baru 2, Bahandang, Karang Bunga dan Desa Tebing Rimbah Raya

PLN

Sumber: PLN Wilayah Kalselteng

Penulis: Sofyar Redhani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved