Seputar Balangan

Balangan Tandatangani Komitmen Kota Pusaka

Kabupaten Balangan masuk dalam sembilan kabupaten/kota se Indonesia yang ikut menandatangani Komitmen Piagam Kota Pusaka untuk tahun 2016.

Balangan Tandatangani Komitmen Kota Pusaka
istimewa
Wakil Bupati Balangan H Syaifullah (dua kiri) usai menandatangani komitmen piagam kota pusaka. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kabupaten Balangan masuk dalam sembilan kabupaten/kota se Indonesia yang ikut menandatangani Komitmen Piagam Kota Pusaka untuk tahun 2016.

Penandatanganan komitmen tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Balangan H Syaifullah di acara Forum Kota Dalam Rangka Penandatanganan Piagam Komitmen Program Penataan dan Pelestarian Kota Pusaka.

Digelar oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bertempat di auditorium setempat di Jalan Pattimura No 20 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Masuknya kabupaten berjuluk Bumi Sanggam dalam program tersebut tentu saja melalui sejumlah tahapan diantara melakukan Penyusunan Rencana Aksi Kota Pusaka Kabupaten Balangan 2016.

Ketua Tim Kota Pusaka Daerah Kabupaten Balangan, Akhriani mengatakan penyusunan rencana tersebut meliputi sejumlah profil kota pusaka, konsepnya, atributnya dan lain sebagainya.

"Yang penting bagaimana keberadaan pusaka di suatu daerah memiliki prioritas dan dampak terhadap perekonomian masyarakat, serta sosial budayanya," ujarnya.

Dari sekian banyak tempat pusaka di Kabupaten Balangan, akhirnya dipilihkan Desa Wisata Budaya Wadian Tambai Desa Kapul untuk dimasukkan dalam program kota pusaka tersebut.

"Kemudian dinilai tim pendamping kota pusaka dari Kementerian PU, setelah dinilai akhirnya 9 kab/kota di Indonesia 2016 terpilih termasuk Balangan," ungkapnya.

Menurut Akhriani yang juga kepala Bappeda Balangan mengakui daerah sudah dipastikan akan mendapatkan kucuran dana dari APBN untuk menjadikan dan mengembangkan kota pusaka di Kabupaten Balangan.

"Kami mengharapkan tak hanya daerah, tetapi juga para komunitas, perusahaan, masyarakat sekitar agar bersama-sama melestarikan, menjaga dan mengembangkan pusaka yang dimiliki oleh Balangan,"harapnya.

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved