Banjarmasin Post Edisi Cetak

Latihan Menari Tradisional, Awalnya Pak Guru Malu dan Kaku

Menariknya, para peserta mayoritas sudah berumur alias paruhbaya. Dari semuanya, hanya satu peserta laki-laki. Mereka diajari pelatih yang berstatus s

Latihan Menari Tradisional, Awalnya Pak Guru Malu dan Kaku
bpost
Banjarmasin Post edisi Kamis (22/12/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sayup-sayup terdengar suara musik tradisional saat BPost melewati Jalan KS Tubun Banjarmasin Selatan, Minggu (18/12). Suara itu ternyata berasal dari kantor Pusat Kegiatan Guru (PKG), SDN Kelayan Barat 3.

Di empat ruangan di sana, sejumlah orang latihan menari. Tari yang mereka pelajari adalah radap rahayu.

Menariknya, para peserta mayoritas sudah berumur alias paruhbaya. Dari semuanya, hanya satu peserta laki-laki. Mereka diajari pelatih yang berstatus sebagai mahasiswa.

Itulah kegiatan Workshop Tari Daerah yang digelar PGRI Kecamatan Banjarmasin Selatan bekerja sama dengan LKP Revlina. Pesertanya adalah 54 guru dari TK, SD dan SMP di kecamatan tersebut.

Salah satu peserta, Antonnur, terlihat semangat mengikuti gerakan yang diperagakan pelatih, Hapidah. Dia adalah peserta laki-laki satu-satunya saat itu.

Di antara para ibu, pria berusia 54 tahun ini mencoba untuk luwes dalam menari. Maklum, tarian radap rahayu memang untuk perempuan. Meski begitu, guru pelajaran muatan lokal SMPN 20 Banjarmasin ini tak canggung.

“Awalnya kaget, soalnya pesertanya perempuan semua. Awalnya agak malu juga sih,” kata guru yang sudah 20 tahun mengajar di SMPN 20 ini.

Dia juga tak mengira tarian yang diajarkan adalah radap rahayu. Makanya, dia tak membawa selendang yang pelengkap tarian.

Keikutsertaannya di pelatihan itu disuruh oleh kepala sekolah. Selain itu, tarian merupakan bagian dari mata kuliah di STIKIP Banjarmasin. Maklum, Antomur baru kuliah lagi.

Sebenarnya, dia pernah belajar tarian ini. Namun karena sudah lama tak dipraktikkan, akhirnya gerakannya jadi kaku.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi Kamis (22/12/2016) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

BPOST
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved