Banjarmasin Post Edisi Cetak

Angin Kencang Hingga Januari, Warga Bersiap Mengungsi

Bagi warga di kawasan Pembataan Lianganggang, Kelurahan Landasan Ulin Selatan masih diliputi cemas akan kondisi cuaca ini.

Angin Kencang Hingga Januari, Warga Bersiap Mengungsi
banjarmasin post
Banjarmasin Post edisi Sabtu (24/12/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - RIANITA, Prakirawan Stasiun Meteorologi Bandara Syamsudin Noor mengatakan sejumlah wilayah di Kalsel masih berpotensi mengalami angin kencang.

“Untuk potensi angin kencang masih berpotensi hingga Januari karena masih puncak musim hujan,” jelas dia, Jumat (23/12).

Dari data Kecamatan Lianganggang, angin kencang atau puting beliung yang terjadi Senin (21/12) merusak 110 bangunan. “ Kecepatan angin saat itu berkisar 52 kilometer per jam,” ucap dia.

Bagi warga di kawasan Pembataan Lianganggang, Kelurahan Landasan Ulin Selatan masih diliputi cemas akan kondisi cuaca ini.

“Kami khawatir kalau sudah hujan deras dan angin ribut. Kalau-kalau puting beliung terjadi lagi,” ucap Mukhlis, Ketua RT6 RW2 kampung Pembataan Lianganggang.

Apalagi kondisi rumah sebagian besar warga merpuakan dinding kayu sederhana. Terjangan angin kencang dan putaran dahsyat puting beliung bisa menghancurkan perkampungan Pembataan yang dihuni sekitar 600 kepala keluarga tersebut.

Warga pun umumnya sangat memahami tanda-tanda alam yang menunjukkan kemungkinan munculnya puting beliung. Dikatakan Mukhlis, biasanya awan mendadak gelap. Kemudian terasa ada hawa panas dan angin ribut. Menurutnya, itu tanda-tanda bisa terjadi puting beliung.

“Bila sudah begitu, kami biasa bersiap mengungsi mengamankan diri ke langgar atau masjid,” ucapnya.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi Sabtu (24/12/2016) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

bpost
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved