Seputar Banjarmasin

PMK Warpak Ingin Terus Berdaya Guna Bagi Warga Banjarmasin

Bukan waktu yang sebentar untuk umur sebuah PMK. Mereka pun sudah banyak membantu warga yang mengalami musibah kebakaran.

PMK Warpak Ingin Terus Berdaya Guna Bagi Warga Banjarmasin
m fadli setia rahman
PMK Warpak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemadam Kebakaran (PMK) Warpak berdiri sejak 23 Mei 1997 silam. Posko PMK ini ada di Jalan Pekapuran A RT 10 Kelurahan Sungai Baru Kecamatan‎ Banjarmasin Tengah. Nama Warpak diambil dari singkatan Warga Pekapuran.

Bukan waktu yang sebentar untuk umur sebuah PMK. Mereka pun sudah banyak membantu warga yang mengalami musibah kebakaran. Meski diketahui PMK ini sempat vakum selama tiga tahun yakni pada periode 2000-2003.

‎Kini, PMK Warpak terus siap siaga dalam menjaga wilayahnya dan siap bergerilya membantu atau merespon cepat informasi kebakaran di wilayah lain jika diperlukan. ‎Para anggotanya pun selalu rutin latihan demi kesigapan dan kegesitan saat memadamkan api.

PMK Warpak
PMK Warpak

Awal terbentuk PMK Warpak ini atas inisiatif warga setempat, khususnya mereka yang berusia dewasa. Bertahan hingga kini dan terus komitmen dalam tugas sosial kemasyarakatan.

PMK Warpak diketuai oleh Fathur Rahmanpemilik register 02 PMK Warpak. "Anggota PMK Warpak ada 20 orang, kami selalu jaga kekompakan. Baik tua atau pun muda, saling kerjasama. Kami juga rutin latihan setiap minggu demi kesigapan dan kesiapan di lapangan," ujarnya.

Dana operasional PMK Warpak didapat dari hasil iuran anggotanya. Awalnya PMK ini merintis menggunakan unit gerobak.

"Sekitaran tahun 2004, kami dapat bantuan dari Honda Trio Motor, yakni diberi satu unit kijang super dan mesin Tohatsu P82 untuk operasional. Kami pun makin semangat menjalankan tugas sosial kemasyarakatan," beber Fathur Rahman.

Jika tidak ada kebakaran, rekanan PMK Warpak sering kumpul di Warung Makan Mama Aulia di A Yani KM 2 Banjarmasin. ‎

"Selain latihan ketangkasan, kami juga sering bersih-bersih lingkungan dengan masyarakat dan kelurahan. Pembersihan got, selokan dan lainnya. Kami ingin berdaya guna bagi masyarakat sekitar," pungkas 02 PMK Warpak.

Penulis: M Fadli Setia Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved