Berita Nasional

Waw, Sepanjang 2016, Sebanyak 7.787 WNA Sudah Dideportasi

Sebanyak 7.787 warga negara asing (WNA) dideportasi oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM sepanjang 2016

Waw, Sepanjang 2016, Sebanyak 7.787 WNA Sudah Dideportasi
kompas.com
Enam WNA asal Chna diamankan petugas kantor Imigrasi karena menyalahi izin tinggal 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 7.787 warga negara asing (WNA) dideportasi oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM sepanjang 2016 ini.

Hal ini diungkapkan Direktur Pengawasan dan Penindakan Orang Asing Ditjen Imigrasi, Yurod Saleh di lobi Kantor Ditjen Keimigrasian, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Minggu (1/1/2017).

Yurod mengatakan, alasan mereka dideportasi adalah karena kedapatan melakukan pelanggaran imigrasi. "Realisasi (pelanggaran imigrasi) nya banyak yang denda, kemudian kami lakukan juga Tindakan Administratif Keimigrasian 7.787 orang kami deportasi lah," ujar Yurod. "(Paling banyak) dari Cina," sambungnya.

Selain deportasi, Ditjen Imigrasi juga menerapkan denda bagi pelanggar imigrasi. Nominalnya bervariasi, namun Yurod menyebutkan ada yang terkena hingga Rp 20 juta perorang.

Selain dijatuhi hukuman denda, mereka juga dideportasi dari Indonesia. "Yang jelas kami sudah mengumpulkan Rp 2 miliar lebih lah dari denda itu. Contoh, untuk kasus di Jakarta Selatan, itu Rp 15 juta perorang, kemudian di Sulawesi Utara Rp 20 juta perorang," tuturnya.

Adapun mengenai besaran denda, kata Yurod, bergantung kepada putusan hakim di pengadilan dan dinilai dari berbagai faktor.
"Itu tergantung putusan hakim. Ancaman pidananya sama, tapi hakim menilai dari berbagai faktor," ucap Yurod.

Editor: BPost Online
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved