Jendela Dunia

Tentara India dan Pakistan Kembali Terlibat Baku Tembak

Selain korban jiwa di pihak tentara, baku-tembak juga telah merenggut korban sipil di kedua pihak, selain memicu pengungsian warga dari daerah perbata

Tentara India dan Pakistan Kembali Terlibat Baku Tembak
TAUSEEF MUSTAFA / AFP
Pasukan penjaga perbatasan India berjaga di salah satu lokasi di perbatasan Kashmir. Kawasan pegunungan Kashmir terbagi dua antara India dan Pakistan, namun kedua negara selalu berupaya menguasai seluruh wilayah Kashmir. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SRINAGAR - Tentara India dan Pakistan, Minggu (1/1/2017), kembali terlibat baku tembak dan saling menyerang posisi lawan di Jalur Pemantauan (LoC), yang memisahkan Kashmir.

Demikian diungkapkan sejumlah pejabat terkait.

Kedua pihak terlibat baku-tembak di LoC di Distrik Poonch, sekitar 180 kilometer di sebelah barat-daya Kota Srinagar, ibu kota musim panas Negara Bagian Kashmir yang dikuasai India.

Media pemerintah China, Xinhua, Senin (2/1/2017) melaporkan, para pejabat pertahanan mengatakan baku-tembak meletus sekitar Minggu pukul 10.00 waktu setempat dan berlanjut sampai lebih dari tiga jam.

Tak ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan di sektor itu.

Namun Jumat (30/12/2016), seorang warga sipil tewas dalam peristiwa serupa di sektor tersebut.

Selain korban jiwa di pihak tentara, baku-tembak juga telah merenggut korban sipil di kedua pihak, selain memicu pengungsian warga dari daerah perbatasan.

Tahun lalu terjadi lonjakan bentrokan kecil di Perbatasan Internasional dan LoC antara tentara kedua negara bertetangga tersebut.

New Delhi dan Islamabad saling menuduh masing-masing melakukan penembakan tanpa provokasi dan pelanggaran kesepakatan gencatan senjata.

Kedua pihak berkeras tentara mereka memberi tanggapan yang sesuai.

Tentara India dan Pakistan kadangkala terlibat baku-tembak di sepanjang 720 kilometer LoC dan 198 kilometer Perbatasan Internasional di Kashmir, meskipun ada kesepakatan pada 2003 yang menetapkan gencatan senjata.

Meskipun sebagian pelanggaran telah dilaporkan dilakukan oleh kedua pihak, namun gencatan senjata tetap berlaku.

Kashmir, wilayah di Pegunungan Himalaya yang terpecah antara India dan Pakistan, diklaim oleh kedua negara jiran tersebut secara keseluruhan.

Sejak kemerdekaan mereka dari Inggris, keduanya telah tiga kali berperang, dua secara khusus mengenai Kashmir.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved