Ekonomi dan Bisnis

Agar Bersaing, UMKM Kalsel Mesti Memiliki Hal Ini

produk UMKM Banua saat ini sudah banyak yang meningkat baik dari segi kualitas, kemasan, hingga pemasaran.

Agar Bersaing, UMKM Kalsel Mesti Memiliki Hal Ini
Banjarmasinpost.co.id/hasby
Sudirwo, Wakil Ketua VIII HIPMI Kalsel Bidang UKM 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) tidak cukup hanya produksi dan jualan secara konvensional, namun perlu untuk menambah wawasan, hubungan, dan menjalin komunikasi, baik sebagai binaan pemerintah maupun di komunitas.

Sudirwo, Wakil Ketua VIII HIPMI Kalsel Bidang UKM, Koperasi & Pengembangan StartUp/ Ketua Forum Kreatif Banjarbaru mengatakan, produk UMKM Banua saat ini sudah banyak yang meningkat baik dari segi kualitas, kemasan, hingga pemasaran.

Dari berbagai kegiatan pelatihan yang diadakan oleh pemerintah, asosiasi dan swasta telah mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi UMKM untuk naik kelas.

"Biasa pemasaran dilakukan secara konvensional atau toko offline, seiring teknologi yang semakin canggih ini menuntut pemasaran menggunakan media online baik website, media sosial, hingga aplikasi mobil," katanya, Kamis (4/1/17).

Hal yang penting juga adalah menjaga kepercayaan pembeli atau konsumen dengan menyiapkan pelayanan dan stok barang. Sehingga banyak sentra UMKM dan toko souvenir saat ini menerima titipan produk perlu menyediakan barang yang siap untuk dipasarkan.

Menurutnya, hal lainnya sangat penting dari segi legalitas usaha dan produk adalah izin usaha, PIRT, BPOM dan sertifikat halal hingga sertifikasi merek dan hak paten.

Saat ini di Kalsel telah bermunculan toko atau sentra oleh-oleh khas daerah dan juga komunitas UMKM yang juga turut memasarkan produk.

Di Banjarmasin ada Kalsel Kreatif Forum melalui toko oleh-olehnya Kindaiku, di Banjarbaru ada Forum Kreatif Banjarbaru bersama PLUT KUMKM mengelola marketplace Banjarbaru-Mall.Com, Aplikasi Mobil Pesona Nusantara dan marketplace blanja.com.

Kemudian, di Tanahlaut juga ada marketplace plazatanahlaut.com, di Tabalong melalui Forum Kewirausahaan Pemuda yang juga eksis dengan berbagai even dan program pemberdayaan UMKM, serta program dari pihak BUMN yaitu Kampung UKM Digital dari Telkom dan Rumah Kreatif BUMN.

Penulis: Hasby
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved