Health Info

Mengapa Orangtua Perlu Luangkan Waktu Menemani Anak Nonton TV? Ternyata Ini Alsannya

Kehadiran orangtua bukan hanya membantu menerangkan makna tayangan yang sedang ditonton di TV, tapi juga berpengaruh positif pada kepercayaan diri

Mengapa Orangtua Perlu Luangkan Waktu Menemani Anak Nonton TV? Ternyata Ini Alsannya
THINKSTOCK.COM

BANJARMASINPOST.CO.ID - Anak-anak mungkin akan betah dan anteng di depan televisi menonton siaran kesukaannya. Namun, orangtua tetap perlu mendampingi buah hatinya saat menonton televisi.

Kehadiran orangtua bukan hanya membantu menerangkan makna tayangan yang sedang ditonton di TV, tapi juga berpengaruh positif pada kepercayaan diri anak.

Menurut hasil penelitian tim dari Universitas Texas, saat keluarga menonton televisi bersama-sama, anak-anak mendapatkan banyak positif dari kegiatan itu. Anak akan merasa bahagia jika orangtua juga tertarik dengan tayangan favoritnya.

Anak-anak juga diketahui belajar lebih banyak saat orangtua mendampingi mereka nonton TV. Keterlibatan orangtua dalam aktivitas anak-anak berarti banyak bagi mereka.

"Jika orangtua menonton dengan anak-anaknya, anak akan belajar banyak hal, apakah itu soal kekerasan, seks, bahasa, dan sebagainya. Orangtua seharusnya lebih menyadari pengaruh kehadirannya," kata Eric Rasmussen yang melakukan penelitian ini.

Tentu saja orangtua perlu menjawab pertanyaan anak dan mengajak diskusi tentang isi tayangan itu.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help