Banjarmasin Post Edisi Cetak

Seminggu Langka di Banua, Harga Elpiji 3 Kg Melambung Rp 27 Ribu

Selain kenaikan tarif listrik, PDAM, dan pajak kendaraan bermotor, juga langkanya tabung gas ukuran 3 kilogram di Kalsel.

Seminggu Langka di Banua, Harga Elpiji 3 Kg Melambung Rp 27 Ribu
banjarmasinpost.co.id
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Jumat (6/1/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Lilis (35) sibuk memasak gorengan di depan teras kios dagangannya di Jalan Pendidikan Sekumpul, Martapura, Banjar, Kamis (5/1). Di kiosnya terlihat tumpukan tabung gas 3 kilogram kosong. Sudah tiga minggu ini Lilis tidak mendapatkan pasokan gas tabung 3 kg.

Kini dia tidak lagi menjual gas karena pasokan terhenti. Untuk usaha gorengannya pun Lilis harus mencari ke luar. Dia mengaku biasanya harga gas eljpiji 3 kilogram Rp19 ribu sampai Rp 21 ribu. Sekarang ini, harganya sudah sampai Rp 25 ribu per tabung.

“Itu pun barangnya susah didapat. Saya biasa tiap hari diantar gas ke kios. Tapi ini sudah tiga minggu tidak diantar. Saya pun terpaksa cari ke luar, tapi buat keperluan sendiri untuk usaha gorengan yang setiap harinya saya perlu dua tabung gas 3 kg, “ujarnya.

Ya, awal 2017 di Kalsel disambut dengan sejumlah persoalan. Selain kenaikan tarif listrik, PDAM, dan pajak kendaraan bermotor, juga langkanya tabung gas ukuran 3 kilogram.

Tidak hanya di Banjar, kelangkaan juga terjadi di Banjarbaru, Banjarmasin, dan Tanahbumbu.

Ayu, pengrajin kue donat di Jalan Pendidikan, Martapura, Banjar pun mengeluh susahnya mendapatkan tabung gas 3 kg. Harganyapun melonjak menjadi rata-rata Rp 25 ribu per tabung.

Bahkan, di tingkat eceran di Jalan sekumpul harganya sampai Rp 27 ribu per tabung. Kondisi ini yang membuat Ayu kesulitan memenuhi bahan bakar usaha kue donat dan roti manis miliknya yang memerlukan dua tabung gas 3 kg setiap harinya. (*)

Baca Lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Jumat (6/1/2017)

Banjarmasin Post
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Jumat (6/1/2017)
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved