Begini Cara Cermat Atur Dana Liburan

Berlbur itu perlu ketersediaan waktu dan dana yang cukup. Jika waktunya ada, maka dananya harus dikelola dengan baik agar liburan tidak bikin boros.

Begini Cara Cermat Atur Dana Liburan
banjarmasinpost.co.id/salmah
Ilustrasi - Verawati berlibur di Pantai Asmara bersama keluarga 

BANJARMASINPOST, BANJARMASIN - Berlbur itu perlu ketersediaan waktu dan dana yang cukup. Jika waktunya ada, maka dananya harus dikelola dengan baik agar liburan tidak bikin keuangan rumah tangga terkikis habis.

Seperti dilakukan Taher, warga Pelambuan, Banjarmasin, yang cermat dalam berlibur saat akhir tahun tadi.

Ia mengisi liburan dengan mengajak keluarga jalan-jalan ke beberapa kota di banua. Alasannya sekalian silaturahmi dengan keluarga.

"Kebetulan sudah lama tidak berkunjung ke tempat keluarga yang tinggal di Kandangan, Barabai, Amuntai dan Tanjung. Makanya selama empat hari kami menginap berpindah di rumah keluarga," jelasnya.

Alasan lainnya berlibur di seputaran Kalsel karena keuangan terbatas. Menggunakan mobil pribadi, ia bisa mengatur biaya bahan bakar, juga makan di perjalanan.

"Biaya liburan tidak mahal, anak dan istri pun senang. Berbelanja pun tidak menguras kantong," tukasnya.

Beribur dengan plesiran itu penting untuk penyegaran pikiran, tapi saran Taher harus menghitung pula berapa kemampuan keuangan kita. Jangan sampai kebobolan hanya demi liburan.

"Saya pribadi, selalu menyisihkan dana sesuai keperluannya. Buat dulu catatan, ke mana berlibur, hitung berapa pengeluarannya dengan mencatat pos-pos pengeluaran. Kemudian jika dana kita cukup, lakukan liburan dengan dana yang ada. Jangan ditambah-tambah dananya saat sampai di tempat berlibur, nanti malah tekor," pungkasnya. (*)

Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help