7 Lansia Ini Panjang Umur, Ini Rahasianya

Spanyol merupakan negara dengan harapan hidup tertinggi di dunia setelah Jepang. Berdasarkan data sensus penduduk terbaru, ada lebih dari 100.000

7 Lansia Ini Panjang Umur, Ini Rahasianya
Andrea Comas/Reuters
Lansia asal Spanyol, Pedro Rodriguez bermain piano di usianya yang sudah 106 tahun. 

BANJARMASINPOST.CO.IDSpanyol merupakan negara dengan harapan hidup tertinggi di dunia setelah Jepang. Berdasarkan data sensus penduduk terbaru, ada lebih dari 100.000 orang yang berusia lebih dari 100 tahun di Spanyol. Data menunjukkan, usia hidup rata-rata penduduk Spanyol adalah 83,2 tahun.

Fotografer Reuters, Andrea Comas, pun tertarik untuk mewawancarai penduduk Spanyol yang berusia 100 tahun atau lebih di daerah Asturias hingga Pulau Balearic, Menorca.

Berikut ini rahasia panjang umur para warga lansia di Spanyol yang terungkap dari hasil wawancara Comas, seperti dikutip Kompas.com dari Daily Mail.

1. Satu sendok madu setiap hari
Rafaela Pons, seorang lansia di Pulau Balearic, Spanyol, sudah berusia 102 tahun. Pons tinggal sendirian, tetapi putrinya selalu mengunjunginya setiap hari.

Pons mengaku rutin mengonsumsi satu sendok madu setiap hari untuk menjaga tubuhnya tetap sehat.

2. Bermain piano
Pedro Rodriguez, lelaki berusia 106 tahun yang tinggal di Cangas de Onis, Asturias, hampir tak pernah absen bermain piano setiap hari di ruang tamu.

Ia tinggal bersama sang istri yang berusia 20 tahun lebih muda. Menurut Rodriguez, hobi bermain piano membuatnya awet muda.

3. Makan gazpacho
Bagi Maria Josefa Guillen dari wilayah Spanyol Selatan, rutin mengonsumsi gazpacho adalah rahasia hidup sehatnya.

Gazpacho adalah makanan tradisional Spanyol berupa sup tomat dan mentimun. Kini Guillen sudah hidup 103 tahun dan tinggal bersama anaknya yang cacat.

4. Baca buku dan doyan tampil
Maximino San Miguel yang kini berusia 102 tahun sangat suka tampil dalam seni drama amatir sejak berusia 80 tahun.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help