BanjarmasinPost/

Travel

Dua Aturan ini Wajib Dipatuhi Jika Mendaki Gunung Halau Halau

Namun jangan salah, karena ini daerah hutan adat suku Dayak Meratus, ada aturan-aturan yang wajib dipatuhi pelancong atau pendaki.

Dua Aturan ini Wajib Dipatuhi Jika Mendaki Gunung Halau Halau
Ria Lestari kepada Yayu Fathilal/Banjarmasinpost.co.id
Suasana Gunung Halau Halau 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Gunung Halau Halau di Kalimantan Selatan merupakan daerah tujuan wisata yang patut diperhitungkan.

Dari puncak gunung berketinggian 1901 mdpl (meter di atas permukaan laut) ini, wisatawan bisa melihat pemandangan alam yang indah dan merasakan hawa yang sejuk.

Namun jangan salah, karena ini daerah hutan adat suku Dayak Meratus, ada aturan-aturan yang wajib dipatuhi pelancong atau pendaki.

"Di antaranya, dilarang berkata tak sopan dan harus menjaga kelestarian alam sekitar agar kehidupan makhluk hidup di sana tak terganggu," sebut pendaki dari Kalimantan Selatan yang pernah ke sana, Ria Lestari, Rabu (11/1/2017).

Di sekitar gunung ini ada hutan belantara yang lebat. Menuju ke sana diperlukan waktu pendakian dua hari.

Pendakian dimulai dari sebuah tempat bernama Kiyu di Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Dari Kota Barabai, tepatnya di Simpang Tiga Birayang ke Kiyu bisa menaiki kendaraan umum seperti ojek bertarif Rp 60.000 seorang.

"Di Simpang Tiga Birayang itu ada pangkalan ojek, minta antarkan saja ke Kiyu. Kalau membawa kendaraan pribadi bisa diparkir di rumah warga di Kiyu. Aman kok parkirnya. Dari Kiyu ke Sungai Karuh dulu, jalan kaki selama 6-7 jam. Di Sungai Karuh ini tempat peristirahatan pertama," ungkapnya.

Setelah berkemah di Sungai Karuh, perjalanan berlanjut besoknya menuju puncak, berjalan kaki selama 7-8 jam.

Tiba di puncaknya, pemandangan ciamik menanti Anda.

Anda bisa menikmati matahari terbit yang indah dan hamparan awan putih yang menawan.

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help