Banjarmasin Post Edisi Cetak

Duh, Terminal Megah Miliaran Rupiah Nasibnya Kini Mengenaskan

Uang rakyat ratusan miliar rupiah terbuang percuma. Ini terjadi pada proyek Terminal Regional di Jalan A Yani Kilometer 17 Kecamatan Gambut Kabupaten

Duh, Terminal Megah Miliaran Rupiah Nasibnya Kini Mengenaskan

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Uang rakyat ratusan miliar rupiah terbuang percuma. Ini terjadi pada proyek Terminal Regional di Jalan A Yani Kilometer 17 Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Terminal modern tipe A untuk angkutan antarprovinsi dan lokal ini terbengkalai.

Sejak diresmikan beberapa waktu lalu, terminal yang kini dikelola Kementerian Perhubungan tersebut belum difungsikan.

Pantauan BPost, Senin (9/1), bagian luar terminal seperti halaman tergenang dan penuh lumut. Sedang atap beberapa bangunan keropos dan runtuh.

Plafon yang di dalam dan luar bangunan juga berlubang termakan usia.

Ruang tunggu penumpang pun berantakan dan tidak terawat. Beberap kaca di ruang tunggu di lantai dua bahkan pecah.

BPost sempat menyaksikan sejumlah orang asyik duduk santai di selasar terminal. Mereka adalah petugas yang sehari-hari bekerja di terminal modern tersebut.

Satu di antara mereka bernama Widy. Pegawai Kemenhub itu tidak menampik saat ini tak banyak yang bisa dikerjakannya. Kerjaan mereka setiap hari menggelar apel pagi, bersih-bersih dan melakukan penjagaan terminal, meskipun belum difungsikan.

“Kami bermain kartu hanya iseng untuk mengisi kekosongan saja,” ucap lelaki yang mengaku sejak 2013 bertugas di terminal tersebut.

Widy sebelumnya pegawai Dishubkominfo Kabupaten Banjar. Dia menjadi pegawai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait perubahan organisasi.

“Suntuk, itu pasti ada. Tapi namanya tugas ya apa boleh buat,” tuturnya menanggapi belum adanya tugas yang jelas.

Rekannya, Muhammad Sauf, yang bertugas di sana sejak 2014, juga mengakui hal yang sama. Saufi rencananya mengurusi ruang tunggu. “Ya, beginilah, santai. Tapi kalau nanti, bisa jadi akan beroperasi 24 jam,” ujarnya.

Saufi berujar sistem jaga yang dilakukannya bersama petugas lainnya yakni bergiliran. Mereka dibagi menjadi dua shift. Shift pertama dari pukul 08.00 Wita hingga pukul 13.30 Wita. Dilanjutkan shift dua hingga pukul 17.00 Wita...

Lengkapnya baca harian Banjarmasin Post edisi cetak hari ini, Rabu (11/1/2017), atau klik: http://epaper.banjarmasinpost.co.id/

bpost cetak

Baca berita-berita menarik lainnya tentang hukum, kriminalitas, olahraga, selebritas, pendidikan, dan seputar Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura di harian Metro Banjar yang terbit Rabu (11/1/2017)

metro new
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved