Metro Banjar

Pedangdut Banua Ini Hafal Lagu Kesukaan Masyarakat Pinggiran

Menghibur warga pinggiran tidak sembarangan, khusus dalam memilih warna musik yang dibawakan.

Pedangdut Banua Ini Hafal Lagu Kesukaan Masyarakat Pinggiran
Harian Metro Banjar, Rabu (11/1/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menghibur warga pinggiran tidak sembarangan, khusus dalam memilih warna musik yang dibawakan.

Ada dua hal yang harus diperhatikan, yakni karakter dan suku apa yang dominan.

"Kalau saya diundang menyanyi di pinggiran kota, saya akan lihat dulu karakter dan suku apa yang banyak di tempat tersebut. Ini agar semua yang datang bisa terhibur," kata Diyah Nurmalasari, Selasa (10/1).

Pedangdut asal Banjarmasin yang memiliki nama panggung Diyah Nurmala ini mengatakan dia sering membawakan lagu campursari kalau manggung di pinggiran.

Di antaranya Prahu Layar, Bojo Loro, dan Rondo Kempling. “Kebanyakan warga suka lagu-lagu itu,” ujarnya.

Daerah yang paling sering didatangi Diyah seperti Tamban dan Tabunganen di Kabupaten Baritokuala dan Kuala Kapuas, Kalteng.

"Jika tampil di sana kebanyakan lagu campursari yang saya bawakan. Masyarakat di sana suka," ujar perempuan Kelahiran 13 April 1997 ini.

Penggemar berat Soimah ini mengaku tidak mudah membawakan lagu campursari.

“Selain harus mengenal tata bahasanya, saya juga pakai suara falset dan nadanya tinggi dibanding dangdut,” ujar keturunan Jawa yang bersuamikan warga Kalimantan ini.

Pada malam tahun baru 2017, kata Diyah, dia memilih tampil di Tamban Km6.

“Kebanyakan warganya bersuku Jawa. Jadi nyanyi campursari, tapi ada juga dangdutnya," ujar warga Jalan A Yani Km 4, Banjarmasin ini. (*)

Baca berita-berita menarik lainnya tentang hukum, kriminalitas, olahraga, selebritas, pendidikan, dan seputar Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura di harian Metro Banjar yang terbit Rabu (11/1/2017)

Editor: Ernawati
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help