BanjarmasinPost/

Permintaan Turun, Harga Ayam di Pasar Masih Mahal

Harga ayam ras di pasaran Kota Banjarmasin yang mengalami kenaikan sejak awal Desember 2016 hingga sekarang belum ada tanda- tanda adanya penurunan.

Permintaan Turun, Harga Ayam di Pasar Masih Mahal
banjarmasinpost.co.id/faturahman
Seorang pedagang ayam potong di Palangkaraya saat melayani pelanggannya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Harga ayam ras di pasaran Kota Banjarmasin yang mengalami kenaikan sejak awal Desember 2016 hingga sekarang belum ada tanda- tanda adanya penurunan di tingkat rumah potong hewan.

Para pedagang membeli ayam dengan harga Rp 29.000-Rp30.000/kg. Karena harga beli di rumah potong hewan masih tinggi, sehingga mereka menjualnya dengan harga tinggi juga.

Seperti diungkapkan oleh Risma, seorang pedagang di Pasar Sederhana Banjarmasin, harga ayam masih tinggi, bahkan beberapa lalu naik Rp 1.000/kilonya menjadi Rp 30.000/kg.

Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Kalsel, Rudi Budi Hartono yang dihubungi terpisah mengatakan, harga jual ayam hidup di kandang Rp 25.500/kg.

Serapan pasarnya memang agak turun di kisaran 10-15 persen. Para pedagang perantara dan pedagang ayam sepertinya pasrah karena omset penjualannya mengalami penurunan.

Meski demikian, lanjut Rudi, para peternak belum ada rencana untuk menurunkan harga jual meski permintaan pasarnya mengalami penurunan, karena stok peternak terpangkas dengan kurang maksimalnya produksi.(*)

Penulis: Sudarti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help