Inilah Cara Aman Membersihkan Bekas Jilatan Anjing Terhindar Rabies

Berdasarkan penelitian secara medis, untuk membersihkan bekas jilatan anjing aman dari rabies sebaiknya cuci dengan tanah sebanyak tujuh kali.

Inilah Cara Aman Membersihkan Bekas Jilatan Anjing Terhindar Rabies
tribunnews.com
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Berdasarkan penelitian secara medis, untuk membersihkan bekas jilatan anjing sebaiknya cuci dengan tanah sebanyak tujuh kali. Diungkapkan drh Miftah Prima Nugraha, untuk jilatan anjing ada pendapat bahwa bekas jilatan anjing melalui perantara air liurnya itu mengandung mikroorganisme yang patogen.

"Sehingga apabila ada luka di permukaan kulit dan terkena jilatan anjing tidak menutup kemungkinan akan terjadi infeksi kuman akibat jilatan anjing tersebut," katanya, Kamis (12/1/2017).

Kembali dia menegaskan, tetapi kalau terkena jilatan anjing, tidak ada luka di permukaan kulit sebaiknya cepat dicuci dengan tanah sebanyak tujuh kali.

Kemudian dicuci lagi dengan sabun untuk mencegah terjadinya infeksi kuman akibat jilatan anjing.

Patut diwaspadai adalah bekas digigit anjing, maka rawan terinfeksi rabies. Salah satu ciri anjing terkena rabies adalah berliur.

"Jika digigit anjing maka cepatlah mendapatkan vaksin rabies. Bagi para dokter hewan karena berhubungan dengan hewan termasuk anjing, sudah suntik rabies," imbuhnya.

Penulis: Hasby
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help