Health Info

Penelitian: Sarapan Telur Sehatkan Otak

Para peneliti dari Finlandia menganalisis pola makan 2.497 pria berusia antara 42-60 yang tidak memiliki gangguan memori

Penelitian: Sarapan Telur Sehatkan Otak
The Sun
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kabar gembira bagi Anda yang suka sarapan pakai telur. Menurut penelitian terbaru, sarapan dengan telur benar-benar menyehatkan otak.

Para peneliti dari Finlandia menganalisis pola makan 2.497 pria berusia antara 42-60 yang tidak memiliki gangguan memori. Kesehatan mereka diamati selama 22 tahun.

Peneliti menemukan, mereka yang sarapan telur memiliki kinerja yang baik pada tes neuro-psikologis di bagian lobus frontal. Lobus frontal merupakan bagian otak yang berkaitan dengan fungsi kognitif.

Peneliti dari University of Eastern Finland, Profesor Jyrki Virtanen, mengungkapkan, telur mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan oleh otak. Misalnya saja protein, antioksidan lutein dan zeaxanthin, serta vitamin E, D, dan A.

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini membantah penelitian sebelumnya yang menyatakan konsumsi telur berkaitan dengan penyakit penurunan fungsi memori, yakni demensia atau alzheimer.

Selain itu, efek konsumsi telur terhadap peningkatkan kadar Kolesterol darah ternyata cuma sedikit. Walau begitu, hindari makan telur yang digoreng sehingga tidak meningkatkan risiko jantung koroner, tekanan darah tinggi, hingga kenaikan berat badan.

Kandungan vitamin E pada telur bahkan dinilai bisa mengurangi risiko serangan jantung pada orang yang memiliki riwayat sakit jantung. Kandungan lutein di telur juga membantu melindungi daerah jantung dari penyumbatan arteri.

Sementara itu, penelitian sebelumnya mengungkapkan, konsumsi hanya satu telur sehari saja sudah dapat mengurangi risiko stroke hingga 12 persen.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help