News Video

Pengalokasian Dana Desa Belum Menyentuh Petani

Dana desa yang bersumber dari APBN maupun APBD Kabupaten, belum menyentuh kalangan petani. Itu dirasakan Mahyudi, Ketua Kelompok Tani Jakasuma

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Dana desa yang bersumber dari APBN maupun APBD Kabupaten, belum menyentuh kalangan petani. Itu dirasakan Mahyudi, Ketua Kelompok Tani Jakasuma di Desa Telaga, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut.

Menurut Mahyudi, Desa Telaga merupakan proyek Taman Teknologi Pertanian yang hanya dua di Kalsel ini.

Nyatanya, peluang itu dirasa tak didukung oleh Pemerintahan Desa Telaga yang memiliki kebebasan mengelola dana desa.

"Kelompok Tani Jakasuma beranggota 50 petani di Desa Telaga, sejak 2014 hingga 2016 lalu tak pernah merasakan dana desa atau alokasi dana desa yang dikelola pemerintahan desa Telaga," katanya.

Ia berpendapat jika dana desa benar-benar untuk pemberdayaan masyarakat.
"Harusnya perannya memotivasi dan memberdayakan kelompok tani di Desa Telaga adalah Pemerintahan Desa. Ini potensi sumber pendapatan desa yang tak habis jika dikelola. Sayangnya diacuhkan," katanya.

Menurut Mahyudi, jika potensi hamparan lahan pertanian dan hortikultura yang luas di Desa Telaga dimaksimalkan dan diberdayakan oleh Pemerintah Desa Telaga, hasilnya sangat luar biasa.

Kepala Desa Telaga, Aspul mengakui jika dana desa tak bisa digunakan untuk pemberdayaan masyarakat kalangan petani. Itu karena sudah ada prioritas yang harus dibiayai dengan dana desa atau alokasi dana desa.

"Kami ingin membeli mobil ambulans. Ternyata setelah dievaluasi pihak BPMPD waktu itu, kami tidak dibolehkan karena tidak memiliki puskesmas pembantu. Tetapi di desa lainnya, juatru bisa membeli mobil ambulans dari dana desa," katanya.

Aspul mengaku akan mengundang kembali para kelompok tani untuk bermusyawarah membentuk gabungan kelompok tani di desa Telaga. "Tujuan untuk memilih pengurus Gapoktan di Desa Telaga," katanya.

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved