Rumah Banjar Tua itu Masih Awet Bertahan

Kelurahan Sungai Jingah dan Kelurahan Surgi Mufti Kecamatan Banjarmasin Utara dikenal dengan sebutan Kampung Rumah Banjar.

Rumah Banjar Tua itu Masih Awet Bertahan
BANJARMASINPOST.CO.ID/M Fadli Setia Rahman
Rumah Banjar Bahari Tetap Awet Lestari 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kawasan yang berada di antara Kelurahan Sungai Jingah dan Kelurahan Surgi Mufti Kecamatan Banjarmasin Utara dikenal dengan sebutan Kampung Rumah Banjar.

Saat bertandang ke kawasan tersebut, Rabu (11/1) siang lalu, beberapa rumah asli Banjar masih berdiri kokoh dan nampak terawat. Beberapa rumah juga terlihat ada tahun di bagian sisi depan atasnya.

Misalnya saat bertandang ke rumah milik almarhum Haji Abdul Gani Kamar dan almarhumah Hajah Maimunah yang berada di Jalan Sungai Jingah Nomor 8 RT 14 RW 06 Kelurahan Surgi Mufti Kecamatan Banjarmasin Utara.

Di bagian sisi depan atas bertuliskan angka 1925 dimana diketahui itu adalah tahun rumah asli Banjar itu dibangun. Dari luar terpantau, ornamen asli Banjar menghiasi rumah itu.

Agak tinggi dari daratan, baru lah lantai teras menyambut pijakan. Terdapat empat tangga untuk naik. Biasanya tangga rumah Banjar, jumlahnya ganjil. Rupanya satu tangga sudah disemen menyesuaikan halaman dan tak lagi terlihat.

Kakak beradik, Muhammad Rasyid (43) dan Nafiah (39) menyambut hangat kedatangan BPost. Menurut mereka, rumah itu adalah peninggalan Kakek dan Neneknya.

"Kami keturunan ketiga dari pemilik rumah ini. Haji Abdul Gani Kamar itu adalah Kakek kami," kata Rasyid mengawali kisah.

Diceritakannya, struktur bangunan rumah itu memang seasli-aslinya seperti sedia kala. Tak banyak berubah, paling hanya dicat ulang dan diperbaiki atapnya agar tetap teduh dan sejuk.

"Merawat rumah ini memang sudah jadi amanah dari orangtua kami. Dimana orangtua kami pun mendapat amanah dari kakek nenek kami," ungkap Rasyid.

Berlandas amanah dari tetuha terdahulu, Rasyid dan saudaranya terus merawat dan menjaga rumah asli Banjar peninggalan kakeknya itu.

Halaman
123
Penulis: M Fadli Setia Rahman
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help